Jakarta (ANTARA) - Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) berencana memberikan edukasi terkait peran perempuan di bidang politik.

Hal ini, kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPLIPI, Indah Suryadharma Ali di Jakarta, Jumat, karena Indonesia akan memasuki perhelatan politik pada 2024 yang menuntut kalangan perempuan ikut berperan aktif dalam agenda nasional tersebut.

"Kami akan memberikan pencerahan kepada kalangan perempuan betapa pentingnya politik bagi perempuan," ujar Indah pada pelantikan pengurus dan anggota DPP PPLIPI masa bakti 2022-2027.

Menurut Indah, perempuan Indonesia harus "melek" politik karena tidak mungkin hak-hak perempuan diperjuangkan kalau tidak dari perempuan itu sendiri tentunya melalui jalur politik.

Baca juga: Perempuan lintas profesi salurkan bantuan kepada 450 pengusaha mikro
Baca juga: Sadarkan potensi wisata, Banten gencarkan Gerakan Sadar Wisata


Melalui kepengurusan baru tahun ini, Indah berharap setiap anggota dan pengurus terus bersemangat dengan soliditas yang lebih kompak untuk melangkah lebih seirama dengan perspektif yang sama. Yakni melaksanakan tujuan organisasi secara lebih optimal sesuai visi dan misi organisasi, yaitu pemberdayaan perempuan.

Dalam pelantikan tersebut, PPLIPI memberikan bantuan permodalan kepada UMKM yang selama ini menjadi mitra organisasi.

Selain itu, PPLIPI juga mendeklarasikan dukungan penuh terhadap pengembangan industri kreatif di Indonesia melalui sumber daya yang dimiliki organisasi.

Meski sejumlah agenda program akan dijalankan namun tetap memprioritaskan perjuangan organisasi, yakni pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Kegiatan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak akan kita terus suarakan," kata Indah.

Baca juga: PPLIPI dan Pemprov Banten perkuat perempuan di sektor wisata
Baca juga: PPLIPI sebut modal jadi kendala bagi perempuan jalankan usaha


Periode pengurus kali ini ada penambahan di jajaran dewan pengawas dengan format terdiri atas Ketua Mulya Jaya Putri dan anggota Inti Subagio, Melani Leimena Suharli dan Euis Sri Mulyani.

Selain itu terdapat dewan pembina dengan Ketua Okky Asokawati serta anggotanya, yakni Hana Fadel, Maya Ludy, Ririen Ismarindayani Suryo, Ala Alatas dan Elisabeth Kardinal.

Pengurus yang dilantik terdiri atas 10 wakil ketua umum yg membawahi beberapa komisi, sekjen, wakil sekjen dan humas, bendahara umum dan tiga wakil bendahara umum serta 20 ketua dan wakil ketua komisi berikut anggota-anggotanya.

Indah berharap hadirnya pengurus dan anggota baru tahun 2022 dapat membawa PPLIPI lebih berkembang lagi dan melanjutkan program-program kerja yang lebih berdampak pada masyarakat khususnya perempuan Indonesia.

“Masih banyak program yang belum tercapai dan harapannya kita sama-sama melakukan program kerja ke depannya. Yang utama adalah konsolidasi ke daerah-daerah, karena masih banyak daerah yang belum ada PPLIPI,” ujar Indah.
Baca juga: PPLIPI ingin berdayakan perempuan UMKM

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022