Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) menggelar kompetisi memasak "Master Chef Competition" dalam rangka menyambut Hari Ibu, 22 Desember 2022.

"Lomba masak ini melibatkan komisi-komisi di lingkungan dewan pengurus pusat," kata Wakil Ketua Umum PPLIPI bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kartika Yudhisti dalam keterangan tertulis, Senin.

Aspek masakan yang dinilai, yakni kekompakan, kostum, kemampuan mengolah makanan dan penampilan makanan yang disuguhkan.

Lomba masak ini juga bertujuan memberikan motivasi kepada mitra PPLIPI yang mayoritas pelaku UMKM di bidang kuliner.

Baca juga: PPLIPI bantu permodalan 6.000 pelaku UMKM di Jabodetabek

Sebelumnya, pada Agustus lalu, PPLIPI menyalurkan bantuan modal usaha kepada 6.000 mitra pelaku UMKM di Jabodetabek masing-masing menerima Rp500 ribu dengan tujuan agar pelaku UMKM yang mayoritas di sektor kuliner bisa naik kelas.

Ketua Umum PPLIPI Indah Surya Dharma Ali mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan semangat kebersamaan dan kekompakan anggota dan pengurus organisasi.

"Yang dinilai bukan dari rasa masakan dan hiasannya saja tetapi kerja sama dalam membuat masakan menjadi penting juga," kata dia.

Indah mengatakan puncak peringatan Hari Ibu PPLIPI diadakan pada 19 Desember di Fairmont Hotel Senayan dengan memberikan penghargaan kepada wanita yang telah memberikan inspirasi (PPLIPI Inspiring Woman Award).

Baca juga: Perempuan lintas profesi salurkan bantuan kepada 450 pengusaha mikro

Ketua Panitia Hari Ibu Tahun 2022 Hera Susno Duadji yang juga Sekertaris Jenderal PPLIPI mengatakan, kegiatan ini sudah dimulai sejak awal Desember diisi dengan kegiatan seminar kesehatan dan pengobatan gratis.

Tak berhenti sampai di situ, kegiatan masih berlanjut dengan kunjungan ke Panti Werdha di Cibubur dan kunjungan siswa SMA ke MPR/DPR untuk mengenalkan kepada para siswa bidang politik.

Sedangkan pemenang kompetisi memasak PPLIPI adalah juara 1 tim dari komisi ekonomi dan UMKM, juara 2 tim sekjen serta juara 3 tim komisi sosial dan kesehatan.

Juara harapan 1 dari tim organisasi, juara harapan 2 dari komisi hukum dan HAM, juara harapan 3 dimenangkan tim dari komisi ekonomi kreatif dan olah raga.
 

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022