Kegiatan ini merupakan sebagai upaya membentuk umat yang kuat berbasis masjid
Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Aceh Nova Iriansyah mendukung Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh menjadikan ajang Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) sebagai ajang kegiatan rutin.

“Kegiatan ini merupakan sebagai upaya membentuk umat yang kuat berbasis masjid,” kata Nova Iriansyah di sela-sela menerima kunjungan Dewan Pengurus Wilayah BKPRMI Aceh di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan sebagai satu-satunya daerah yang menerapkan Syariat Islam, maka Pemerintah Aceh dan semua pihak di daerah berjuluk "Serambi Makkah" itu tentu sangat bertanggung jawab untuk membangun umat dan generasi penerus yang Islami.

Karena itu, pihaknya sangat mendukung BKPRMI yang perjuangan dakwahnya berbasis masjid untuk menjadikan FASI sebagai kegiatan rutin.

Gubernur Aceh langsung memerintahkan langsung Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahroel Fajri, dan Dinas terkait untuk membuat payung hukum.

“Segera buat payung hukum terkait FASI. Tidak hanya Dinas Pendidikan Dayah dan Dinas Syariat Islam, libatkan juga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga menyampaikan apresiasi perjuangan pengurus BKPRMI membentuk generasi muda Islami berbasis masjid.

“Apresiasi saya terhadap rekan-rekan BKPRMI yang tetap istiqamah membangun generasi Islami berbasis masjid serta terus menjaga independensinya untuk tidak berafiliasi dengan partai politik,” kata Nova Iriansyah.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah BKPRMI Aceh Mulia Rahman menjelaskan hingga saat ini BKPRMI Aceh sudah hadir di 18 kabupaten/kota yang kepengurusannya sudah dilantik, sisanya akan dilantik dan ditargetkan selesai sebelum Idul Adha.

Ia menjelaskan dalam berkegiatan BKPRMI hendaknya intensif berkoordinasi dengan Dinas Syariat Islam dan Dinas Pendidikan Dayah Aceh.

Sementara itu terkait FASI kegiatan ini merupakan ajang evaluasi kegiatan-kegiatan Islami yang selama ini digelar di masjid-masjid, demikian Mulia Rahman.

Baca juga: Anak-anak sekolah meriahkan pawai Tahun Baru Hijriah di Banda Aceh

Baca juga: Menteri PPPA sebut ketahanan keluarga juga jadi isu negara-negara Islam

Baca juga: Kiat Ustaz Abdul Somad tanamkan akidah pada anak

Baca juga: Lima KK Suku Anak Dalam Masuk Islam


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022