Hari ini ada KTT NATO, KTT yang lemah, KTT yang membingungkan, KTT yang menegaskan bahwa tak seorang pun menganggap perjuangan untuk kebebasan Eropa adalah tujuan nomor satu,
Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah rangkuman kabar terkini tentang invasi Rusia di Ukraina.

Sorotan Utama

* Tak ada kerusakan reaktor nuklir di PLTN Zaporizhzhia dalam serangan yang diyakini oleh pejabat PBB dilakukan dengan roket Rusia. Moskow menuduh Ukraina melakukan sabotase dalam serangan itu.

* Kota pelabuhan Mariupol kehabisan persediaan air dan bahan bakar pemanas, sementara makanan sulit didapatkan, kata wali kota setempat seraya memohon bantuan dari pihak militer.

* Ukraina masih mempertahankan sebagian besar pesawat militernya sembilan hari sejak invasi Rusia dimulai, kata pejabat pertahanan AS.

* Jumlah warga Rusia dan Ukraina yang pergi ke Meksiko semakin meningkat. Mereka membeli mobil bekas dan berkendara ke AS melintasi perbatasan untuk mencari suaka.

Baca juga: Penari balet Ukraina temukan panggung lain di negara tetangga

* Rusia memblokir Facebook dan sejumlah situs lain, serta mengesahkan undang-undang untuk menindak keras media yang dianggap menyebarkan "berita palsu" dan mendiskreditkan militer Rusia.

Sanksi dan Reaksi

* Beberapa media internasional, seperti CNN, BBC, CBC Kanada dan Bloomberg News, menangguhkan peliputan di Rusia menyusul disahkannya UU media yang baru.

* Invasi Rusia di Ukraina, salah satu produsen gandum terbesar di dunia, akan memicu kenaikan harga roti dan mengancam ketahanan pangan jutaan orang, kata Program Pangan Dunia (WFP).

* AS mempertimbangkan untuk memangkas impor minyak dari Rusia dan mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan dampaknya terhadap pasokan global dan konsumen.

Baca juga: Mila Kunis & Ashton Kutcher galang dana untuk pengungsi Ukraina

* Singapura menjatuhkan sanksi kepada empat bank Rusia dan melarang ekspor barang elektronik, komputer dan peralatan militer.

Kata Mereka

"Jika (berita) palsu menimbulkan dampak yang serius, maka ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara," tulis Duma, majelis rendah parlemen Rusia, dalam sebuah pernyataan.

"Hari ini ada KTT NATO, KTT yang lemah, KTT yang membingungkan, KTT yang menegaskan bahwa tak seorang pun menganggap perjuangan untuk kebebasan Eropa adalah tujuan nomor satu," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, Jumat.

"Adalah kejahatan perang jika menyerang pembangkit listrik nuklir. Serangan Putin terhadap pembangkit nuklir terbesar di Eropa membuat kerajaan terornya selangkah lebih maju," kata Kedutaan AS di Kiev.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rusia sahkan UU untuk menindak keras "berita palsu" media independen
Baca juga: Rusia blokir Facebook karena batasi akses media

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022