Jakarta (ANTARA News) - Tempat rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, dipadati pengunjung pada Idul Fitri 1432 H dan kendaraan terlihat padat merayap.

Pantauan hingga pukul 15.00 WIB, sedikitnya ada 80.125 pengunjung telah memadati Ancol yang datang dengan 5.011 kendaraan roda empat dan 6.445 kendaraan roda dua.

Manajer Komunikasi Perusahaan Ancol Taman Impian Metty Yan Sabtu, mengatakan pada liburan Idul Fitri 1432 H selama tujuh hari mulai 29 Agustus hingga 4 September 2011, pihaknya menargetkan sebanyak 1,5 juta pengunjung yang hadir di Ancol.

Untuk itu, pihak Ancol pun menambah jumlah petugas pengamanan, dikarenakan lonjakan pengunjung.

"Untuk info laporan kehilangan anak atau pun kejadian lainnya, belum ada," tutur Metty.

Dengan tingginya lonjakan pengunjung, tidak mempengaruhi harga tiket masuk (HTM) dan harga masih tetap, yakni harga tiket masuk Ancol Rp 15 ribu per orang, di arena Dunia Fantasi dijual Rp 120 ribu per orang, di Atlantis dijual sebesar Rp 75 ribu per orang, dan harga tiket masuk Gelanggang Samudera Rp 70 ribu per orang.

Ditambahkan Metty, pada liburan lebaran ini Ancol memberikan perlakuan khusus bagi pengunjung yang menggunakan transportasi publik.

Pengunjung yang menumpang bus Transjakarta, cukup membayar Rp 11.500 untuk masuk Ancol, dari harga normal Rp 15 ribu per orang.

Sementara, pengunjung yang menggunakan kereta, mendapatkan perlakuan khusus masuk Ancol dengan harga Rp 10 ribu dengan menunjukkan tiket kereta di pintu gerbang.

"Tujuan diadakannya potongan harga ini, karena kami ingin memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang berwisata di Ancol," ujar Metty.

Pengunjung Ancol, diungkapkan Metty meningkat sekitar 200 persen dibandingkan pada libur akhir pekan biasanya. Faktor lain yang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke Ancol, lanjutnya, adalah hadirnya wahana baru "Fantastique" di kawasan Ecopark.

Metty mengatakan, Fantastique merupakan sebuah multimedia show yang menggabungkan teknologi aquascan, water fountain, 3D mapping, laser show, dan animasi.

"Untuk liburan kali ini, kami menampilkan cerita rakyat Timun Mas. Kami optimistis, wahana baru ini bisa menarik pengunjung lebih banyak lagi," ungkap Metty.

Sementara itu Budi Karya Sumadi direktur utama PT. Taman Impian Jaya Ancol Tbk, saat ditemui dalam acara bersih pantai yang dilakukan gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, pengunjung ancol tahun ini mengalami peningkatan 12 hingga 15 persen pengunjung.

"Pada 2011 ini memang pengunjung meningkat akibat libur hari raya yang panjang," ujar Budi Karya sambil menambahkan dari tahun ketahun, pengunjung selalu meningkat.  (ANT-008/M027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011