Bandung (ANTARA News) - Puncak arus balik Lebaran 2011 di jalur selatan Jawa Barat diprediksikan akan berlagsung hingga Minggu.

Arus lalu lintas balik dari arah Jawa Tengah, Tasikmalaya, dan Garut meningkat signifikan sejak Sabtu malam, sehingga menyebabkan iring-iringan kendaraan nyaris tidak terputus di jalur itu.

Pemudik yang melakukan perjalanan balik Lebaran 2011, baik yang menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua terus membludak di jalur yang melintas Nagreg tersebut.

Meski sempat diwarnai aksi pemblokiran pedagang di kawasan Nagreg sehingga melumpuhkan jalur Nagreg selama 30 menit, namun secara umum arus lalu lintas cukup lancar.

Peningkatan arus di jalur selatan terjadi sejak pukul 20.00 WIB hingga Minggu dinihari tadi yang ditandai dengan kemacetan yang signifikan di kawasan Limbangan dan Malangbong Kabupaten Garut.

Sistem tutup buka diperlakukan di kawasan tersebut lebih dari tiga kali untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas. Jajaran Polres Bandung membuka jalur Nagreg lama yang sebelumnya disatu arahkan menjadi dua arah untuk memecah kepadatan di kawasan Lingkar Nagreg.

Selain itu juga untuk mengakomodasi permintaan pedagang Nagreg yang Sabtu siang melakukan aksi unjuk rasa.

Kepadatan arus lalu lintas balik Lebaran juga mengakibatkan kemacetan di kawasan Cileunyi, tepatnya menuju Pintu Tol Cileunyi. Kendaraan terpaksa harus mengantri hingga persimpangan jalan yang merupakan pertemuan arus lalu lintas dari arah jalur selatan, tengah dan dari Kota Bandung.

Sepanjang malam jajaran Polres Bandung berjibaku di jalur Cileunyi untuk menghindari kemacetan parah di kawasan itu. Salah satunya dengan mempercepat penyerahan kartu tol secara manual di luar gardu atau tol gate.

Puncak arus balik juga diprediksi akan terjadi di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong yang merupakan stasiun kedatangan para pemudik yang kembali ke perantauannya.

Sejumlah KA yang tiba Sabtu malam di Stasiun Bandung adalah KA Argo Wilis Bandung - Surabaya, KA Lodaya Pagi Solo - Bandung, dan Harina Semarang - Bandung tiba di stasiun Bandung dengan muatan penuh.

Sama halnya tiga KA ekonomi yang tiba di Stasiun Kiaracondong yakni KA Kahuripan Madiun - Bandung, Kutojaya Selatan reguler dan Lebaran juga penuh penumpang.

"Kemungkinan arus balik puncaknya akan terjadi hingga Minggu malam nanti," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno. (S033/M008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011