Jakarta (ANTARA) - Sebuah situs kompleks lukisan hewan kuno di batu ditemukan di Gunung Helan di Kota Shizuishan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, kata departemen relik budaya setempat.

Seperti dilansir Xinhua, Senin, berdasarkan penyelidikan awal, lukisan batu yang dipahat di permukaan batu pasir kelabu tua tersebut dapat dikategorikan ke dalam 11 kelompok, dengan lebih dari 30 gambar tunggal yang terlihat jelas.

Lukisan yang masih utuh dan jelas itu menggambarkan adegan menunggangi hewan dan berburu, serta sejumlah hewan, seperti domba, kuda, dan unta yang dibuat dengan cara dipahat. Semua lukisan kuno tersebut kini teah dipetakan secara digital.

Gunung Helan dianggap sebagai acuan lukisan batu di China bagian utara. Sejauh ini, lebih dari 10.000 lukisan dan pahatan batu berusia 10.000 hingga 3.000 tahun telah ditemukan di sana.

Menurut otoritas setempat, temuan terbaru itu memberikan bukti kuat untuk penelitian pola ekonomi dan kehidupan sosial manusia purba. Penelitian lebih lanjut dan upaya perlindungan juga sedang dilakukan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022