Cimahi (ANTARA News) - Ratusan warga setiap harinya ramai mengunjungi makam almarhumah Virginia Anggraeni istri pedangdut Saiful Jamil.Virginia meninggal karena kecelakaan di Tol Cipularang pada Sabtu (3/9).

Akibatnya, komplek lokasi pemakaman umum yang bersebelahan dengan pintu masuk tol Baros-Pasteur itu tak pernah sepi dari warga yang ingin berziarah sekaligus melihat pemakaman istri Saiful Jamil yang banyak diberitakan oleh berbagai media,  kata seorang penjaga Taman Pemakaman Umum (TPU) Baros, Surono kepada wartawan, Senin.

"Pokoknya sejak ada berita bahwa Egi (Virginia Anggraeni) dimakamkan disini sepanjang hari selalu ramai didatang oleh warga. Dan kami sendiri sebagai pengelola tidak bisa melarangnya selama mereka bisa tertib tidak berbuat hal yang dilarang agama," ujarnya.

Menurutnya, warga yang datang untuk mengunjung makam istri Saiful Jamil itu mayoritas berasal dari Kota Cimahi. Namun, ada juga rombongan dari luar kota yang sengaja datang ke TPU Baros tersebut karena ikut bersimpati atas musibah yang dialami oleh keluarga Saiful Jamil.

"Sampai dilokasi pemakaman warga langsung memberikan doa dan menaburkan bunga sambil memegang batu nisan yang bertuliskan nama Virginia Anggraeni," ujarnya.

Sementara itu, kakak kandung dari Virginia, Steny Mutiara Sari Van Dapern mengucapkan terima kasih atas tingginya rasa empati warga terhadap duka cita yang dialami keluarganya.

Menurutnya, banyaknya warga yang ikut mendoakan adik bungsunya itu lantaran almarhumah selama masa hidupnya tidak mempunyai rekam jejak buruk terhadap orang lain.

"Selama hidupnya dia itu tidak pernah menunjukkan kalau lagi marah. Sebisa mungkin dia tidak ingin mengecewakan orang lain termasuk keluarga. Makanya, bang Iful (Saiful Jamil) sangat menyayangi beliau salah satunya karena kesalehannya itu," ujarnya.

Pihak keluarga sendiri, sambungnya, pasca meninggalnya Virginia "Egi" Anggraeni setiap ba`da Ashar selalu menggelar tahlilan untuk mendoakan arwah Egi.

Rencananya, tahlilan itu akan digelar sampai hari ketujuh wafatnya Egi. Warga sekitar sendiri sangat antusias dalam mengikuti tahlilan yang digelar oleh keluarga besarnya.

"Untuk bang Iful hari ini beliau tidak bisa ikut tahlil karena ada kontrak kerja yang harus dipenuhi. Dan keluarga bisa menerima hal itu. Rencananya, setelah pekerjaannya bersama salah satu stasiun tv swasta itu beres Iful akan kembali ke Cimahi untuk ikut Tahlil," ujarnya.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011