Jakarta (ANTARA) - Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpaspampres) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko menekankan bagi setiap peserta Kejuaraan Menembak Piala Komandan Paspampres 2022 untuk mengutamakan dan menjunjung sportivitas dalam bertanding.

"Bermainlah dengan fair, percuma kita juara kalau tidak fair," kata Wadanpaspampres Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko di Jakarta, Senin.

Hal tersebut disampaikannya usai mengecek kesiapan venue Lapangan Tembak Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Senayan yang dijadikan tempat penyelenggaraan Kejuaraan Tembak Piala Komandan Paspampres 2022.

Baca juga: Paspampres kebut persiapan lomba tembak Piala Danpaspampres 2022

Ia mengatakan setiap atlet tembak baik dari unsur TNI maupun Polri harus bisa memaksimalkan penampilan karena setiap penyelenggaraan para pemenang biasanya berasal dari satuan yang berbeda-beda atau selalu bergantian.

Ia menjelaskan dalam olahraga menembak ketenangan seorang atlet sangat berpengaruh.

"Karena yang menang itu adalah orang siap pada saat perlombaan," ujarnya.

Baca juga: Kejuaraan Menembak Piala Danpaspampres untuk tingkatkan prestasi TNI

Khusus peserta dari satuan Paspampres, kata dia, semua personel sudah siap karena sebelumnya telah berlatih.

Di satu sisi, ia mengakui saat berlatih ada kendala, yakni senjata yang digunakan masih standar. Kendati demikian hal tersebut tidak terlalu signifikan dan justru menjadi tantangan tersendiri bagi atlet.

Sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan, Marsma Wahyu menargetkan para atlet tembak Paspampres bisa keluar sebagai juara.

Baca juga: PB Perbakin evaluasi lomba cabang olahraga menembak PON Papua

"Tapi namanya pertandingan kita harus fair play, siapa yang terbaik itulah yang juara," ujarnya.

Kejuaraan Menembak Piala Komandan Paspampres 2022 akan digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta pada 10 hingga 13 Maret 2022.

Untuk jenis perlombaan dibagi menjadi tujuh kelas, yakni tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, kelas tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air riffle dan air pistol, tembak Paspampres style, dan tembak ekshibisi yang akan diikuti beberapa publik figur atau artis Tanah Air.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022