Ambon (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku Anna Latuconsina meminta komunitas lingkungan  dan Pemerintah Negeri berkolaborasi untuk peduli lingkungan, terutama terhadap pantai-pantai di Maluku.

“Kita tahu sampah plastik sangat berbahaya, karena hancurnya itu membutuhkan ratusan tahun, dan ini akan mengganggu ekosistem kita, apalagi kalau semua sampah dibuang ke laut. Ini akan merusak orang dan kesehatan ikan di laut,” kata Anggota DPD RI Anna Latuconsina di Ambon, Senin.

Ia menegaskan kepada pemerintah negeri untuk menerapkan aturan-aturan kepada masyarakat setempat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Baca juga: Anggota DPD dorong komunitas eco enzyme libatkan lebih banyak ilmuwan

“Jadi, disiapkan oleh pemerintah negeri. Kalau teman-teman dari komunitas lingkungan jalan bersihkan pantai, sebaiknya juga menyampaikan kepada pemerintah desa untuk bekerja sama. Jadi, bukan masyarakat datang kemudian membantu membersihkan pantai, tapi kemudian mereka pulang, mereka buang lagi ke laut. Ini tidak mencapai sasaran kita,” ucapnya.

Menurutnya, masyarakat dan komunitas lingkungan harus bekerja sama agar dapat mendukung kegiatan positif dari setiap komunitas lingkungan yang melakukan aksi pembersihan dengan membantu menjaga lingkungan itu setiap harinya.

“Pokoknya perubahan iklim di seluruh dunia ini juga sangat mempengaruhi Indonesia. Jadi, kalau kita tidak dari sekarang bagaimana melihat lingkungan ini harus baik, nanti lingkungan kita akan terus terganggu ekosistemnya dan yang paling penting bagaimana rumah kita harus bersih hingga lingkungannya,” ucap Anna.

Ia berharap ke depan anak muda Maluku, serta pemerintah, Pemerintah Negeri maupun desa dapat terus menjaga lingkungan terutama pantai dan lautnya.

“Jadi, anak anak muda lah yang menjaga pantai, anak muda yang menjaga laut, anak muda yang menjaga lingkungan, sehingga betul betul memberikan contoh baik untuk mereka di waktu-waktu yang akan datang untuk generasi kita ke depan,” pungkasnya.

Baca juga: Komunitas lingkungan Depok kibarkan bendera di Sungai Ciliwung

Baca juga: Enam komunitas aktivis lingkungan kampanye peduli sampah


Pewarta: Winda Herman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022