Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Bina Marga Kota Jakarta Utara mempercepat perbaikan jalan yang rusak di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Untuk memperbaiki kerusakan jalan di lingkungan tersebut dikerahkan sedikitnya ada lima petugas disertai berbagai kelengkapan peralatan.

Kepala Satuan Pelaksana Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara Kecamatan Kelapa Gading, Ismail Dari, Senin, mengatakan, perbaikan dilakukan di Jalan Rawa Indah RT 04/RW 03 secara bertahap dan untuk perbaikan menyeluruh direncanakan dilaksanakan pada April mendatang.

"Yang kami kerjakan sekarang adalah perbaikan sementara sebelum kami melaksanakan perbaikan yang menyeluruh. Bagian kerusakan terparah ada di dua lokasi dimana lokasi pertama ukurannya 4x12 meter dan kedua 4x24 meter," ujar Ismail.

Ismail memperkirakan perbaikan jalan tersebut membutuhkan waktu sekitar dua hari dan menggunakan material puing serta bahan anti pengelupasan aspal.

Permasalahan jalan rusak dan berlubang masih kerap dikeluhkan oleh para pengguna jalan di RT04/RW03 Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca juga: Sudin SDA Jakut bersihkan saluran air di Jalan Petak Asem 1

Ketua RT 04/RW 03 Kelurahan Pegangsaan Dua, Parid mengatakan, kondisi jalan yang rusak dapat membahayakan pengguna jalan.

Parid bersyukur karena Sudin Bina Marga Jakarta Utara kini memberi perhatian terhadap keluhan masyarakat itu.

"Kondisi jalan berlubang di Jalan Rawa Indah dapat membahayakan pengguna jalan yang melintas dan itu memang selalu dikeluhkan oleh warga. Alhamdulillah, saat ini sudah ditangani perbaikannya oleh Sudin Bina Marga Kota Jakarta Utara," ujar Parid.

Sebelumnya, kerusakan di Jalan Cilincing Raya akibat hujan yang mengikis tambalan-tambalan lama pada jalan juga telah diperbaiki oleh Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara pada pertengahan bulan lalu. Adapun bagian area jalan yang diperbaiki sekitar 130 meter persegi.

Baca juga: Genangan air di Jalan RE Martadinata Jakarta Utara sudah surut

Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) Bina Marga Kecamatan Cilincing, Riri Kusrini mengatakan, jalan yang diperbaiki berada dekat dengan akses masuk permukiman warga RW 08 Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara.

Sebelum melakukan perbaikan atau penambalan, petugas Sudin Bina Marga Jakarta Utara terlebih dulu melakukan pengupasan pada bagian tambalan lama dan aspal yang mengalami kerusakan. Selanjutnya, petugas menambal bagian yang sudah dikupas dengan aspal hotmix.

Pekerjaan tersebut juga dilakukan selama dua hari terhitung dari 14 Februari hingga 16 Februari 2022.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022