Perguruan tinggi dapat berkontribusi menjadi inkubator bisnis baru yang mampu mencetak wirausahawan baru yang berkualitas
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan perguruan tinggi dapat melahirkan wirausahawan baru, yang bertalenta digital dan berkualitas.

"Perguruan tinggi dapat berkontribusi menjadi inkubator bisnis baru yang mampu mencetak wirausahawan baru yang berkualitas," ujarnya dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin.

Pemerintah, kata dia, terus melakukan peningkatan kualitas SDM, utamanya terkait generasi muda yang bertalenta digital, seiring dengan transformasi ekonomi yang dilakukan.

Hal tersebut dilakukan karena generasi muda berperan penting sebagai game changer serta mendorong aktivitas kewirausahaan.

Dengan kemampuan yang dimiliki, generasi muda juga diharapkan dapat memanfaatkan talenta digitalnya tidak hanya sebagai job seeker, tetapi juga menjadi job creator.

"Indonesia adalah digital market yang paling besar di ASEAN, saya berharap para wisudawan dapat memanfaatkan talenta digitalnya karena sekarang kesempatan terbuka sangat luas," katanya.

Dalam kurun waktu 15 tahun ke depan, Indonesia diperkirakan membutuhkan talenta digital sebanyak 9 juta orang. Pengembangan keterampilan digital diperkirakan akan memberikan kontribusi senilai Rp4.434 triliun kepada PDB Indonesia pada 2030.

Baca juga: Airlangga pastikan anggaran pendidikan dorong perbaikan kualitas SDM
Baca juga: Airlangga dorong inklusivitas akses literasi tingkatkan kualitas SDM
Baca juga: Menko Airlangga berharap universitas cetak SDM bertalenta digital


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022