Dia sangat kompetitif. Ingin melakukan segalanya dengan cara yang benar
Jakarta (ANTARA) - Victor Oladipo mendapat sambutan meriah dari para penonton hingga koleganya di Miami Heat saat melantai lagi setelah nyaris setahun penuh menepi karena cedera tendon quadricep di lutut kanannya.

Momen itu terjadi saat Heat menjamu Houston Rockets dalam lanjutan NBA di FTX Arena, Florida, Senin waktu setempat (Selasa WIB). Ketika Oladipo masuk menggantikan Duncan Robinson di sisa waktu satu menit 55 detik kuarter pertama, itu menjadi kali pertama ia kembali melantai sejak 8 April tahun lalu.

Koor tepuk tangan memenuhi FTX Arena saat Oladipo masuk dan sorak sorai kian membahana kala ia memaksa Alperen Sengun melakukan pelanggaran offensive charge sekira 15 detik setelah melantai.

Oladipo beraksi selama 15 menit dan menyumbangkan 11 poin dalam kemenangan 123-106 yang diraih Heat, termasuk sebuah dunk yang ia hempaskan demi membakar atmosfer tribun FTX Arena pada awal-awal kuarter keempat.

"Pada akhirnya saya seorang pemenang. Dan tim ini adalah tentang menjadi pemenang," kata Oladipo selepas penampilannya dikutip dari situs resmi NBA, Selasa.

Oladipo tiba ke Heat via skema barter dari Rockets pada 25 Maret 2021, tapi ia baru tampil di empat pertandingan ketika harus naik ke meja operasi demi mengobati cedera tendon quadricep yang dideritanya di lutut kanan.

Kemenangan dan kembalinya Oladipo memantik perayakan kecil di ruang ganti tim pemimpin klasemen Wilayah Timur NBA itu selepas laga.

"Ini sungguh membangkitkan semangat semua orang," kata pelatih kepala Heat Erik Spoelstra.

"Semua pemain terus menyemangatinya. Mereka selalu melihatnya di belakang layar, semua kerja kerasnya, semua tetes keringatnya," ujar dia menambahkan.

Kembalinya Oladipo juga menuai komentar dari pelatih kepala Rockets, Stephen Silas, yang musim lalu sempat bekerja sama dalam 20 pertandingan.

"Dia sangat kompetitif. Ingin melakukan segalanya dengan cara yang benar. Dia seorang petarung. Baginya bisa melewati semua cedera ini dan segala naik turunnya serta beban emosional yang ada sungguh mengagumkan," kata Silas.

"Dan di luar itu semua, dia adalah sosok yang luar biasa, seseorang yang baik dan menyenangkan untuk diajak duduk bersama membicarakan apa saja," ujarnya melengkapi.

Oladipo kembali setelah menepi tak kurang dari 89 gim yang dilewati Heat, termasuk fase playoff musim lalu. Secara keseluruhan sejak cedera awalnya tiga tahun lalu, Oladipo harus berdiam di ruang perawatan melewatkan 201 pertandingan.

"Melihatnya kembali melantai, sungguh luar biasa. Tak bisa dipercaya. Amat sangat keren," kata rekan Oladipo, P.J. Tucker.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022