Polri serta keluarga harus mendukung kebijakan pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan menyatakan perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar seluruh anggota Polri dan keluarga harus menanamkan nilai Tribrata dan Catur Prasetya, sudah sesuai dengan pandangan Presiden Joko Widodo.

"Kita mendukung perintah Kapolri agar seluruh jajaran Polri serta keluarga harus mendukung kebijakan pemerintah," kata Edi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Edi menegaskan pandangan Presiden Jokowi terkait anggota Polri tidak mengenal demokrasi tapi menganut politik negara sehingga berbeda dengan masyarakat sipil lainnya yang bebas berekspresi dan menyampaikan pendapat.

Edi mengatakan nilai Tribrata mengandung arti seluruh jajaran Polri termasuk keluarga harus berbakti kepada Nusa, Bangsa, dan penuh ketakwaan kepada Tuhan YME.

Edi menyebutkan anggota Polri wajib menanamkan nilai Tribrata, Catur Prasetya dan aturan lain yang mengikat dalam kode etik, serta aturan lainnya.

"Kapolri mengingatkan penerapan aturan ni sangat penting, bukan hanya ditaati anggota tapi juga harus diikuti oleh anak dan istrinya untuk menjaga marwah Polri di tengah masyarakat," ujar Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode 2012-2016 itu.

Pakar hukum kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta itu menyatakan seluruh personel Polri beserta anak dan istrinya pun harus mentaati aturan dengan aturan yang berbeda dengan masyarakat sipil.

Baca juga: Presiden Jokowi: Tentara dan polisi tidak bisa ikut dalam demokrasi
Baca juga: Kakorlantas: Setiap polantas harus junjung tinggi nilai Tribrata

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022