Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat terus menggenjot vaksinasi dosis kedua sesuai target 80 persen yang diberikan pemerintah pusat sebelum pelaksanaan MotoGP digelar pada 18-20 Maret 2022.

"Saat ini kita sedang fokus menggejar vaksinasi hingga 80 persen untuk dosis kedua sesuai target pemerintah pusat," kata Asisten III Setda Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, dr Nurhandini Eka Dewi di Mataram, Selasa.

Ia menjelaskan, dari 10 kabupaten dan kota di NTB, Lombok Tengah menjadi yang paling digenjot capaian vaksinasinya. Mengingat, wilayah ini menjadi lokasi tuan rumah MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Penonton MotoGP Mandalika bervaksin lengkap tak perlu tes PCR

"Data terakhir untuk Lombok Tengah ini vaksinasinya sudah 76,74 persen untuk dosis kedua. Sedangkan daerah lain juga sudah 70 persen," ujarnya.

Menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan NTB ini, untuk mengejar target tersebut pemerintah provinsi bersama Lombok Tengah telah menyepakati penambahan petugas kesehatan di masing-masing Puskesmas sebanyak lima orang.

"Kita sudah bentuk tim tambahan vaksinasi di setiap Puskemas jadi lima orang petugas, sehingga totalnya ada 3.500 orang," ucap dr Eka.

Disinggung terkait target penuntasan vaksinasi untuk Kabupaten Lombok Tengah, mantan Kepala Dinas Kesehatan NTB ini, menegaskan diusahakan tuntas sebelum MotoGP atau pada 11 Maret 2022.

"Jadi untuk Lombok Tengah itu sebelum 11 Maret sudah selesai," katanya.

Baca juga: Musisi ternama meriahkan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022