Makassar (ANTARA News) - Mantan Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Dr Basri Hasanuddin, MA menyatakan tiga alasan utama penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Pertama, pandangan masyarakat tentang ketokohan JK selama ini.  Kedua, pandangan dan terobosan JK di bidang ekonomi selama menjabat Wakil Presiden RI hingga menelurkan istilah "Kallanomic".

"Pandangan JK tentang politik, demokrasi, birokrasi, dan hubungan antarpolitik dengan ekonomi, juga menjadi bagian alasan penganugerahan gelar doktor kehormatan tersebut," kata Basri Hasanuddin yang juga promotor penganugerahan doktor kehormatan untuk Kalla.

Penganugerahan dilakukan bertepatan dengan Dies Natalis ke-55 Unhas, 10 September 2011, sementara Prof Dr Mappa Nasrun, MA dan Prof Dr Hamid Awaluddin, LLM menjadi co-promotor untuk penganugerahan geler itu .

Alasan ketiga adalah pikiran-pikiran JK dalam menjaga hubungan antara pemerintah dengan DPR dengan merebut kursi pimpinan Partai Golkar sehingga hubungan pemerintah dan parlemen relatif tidak mengalami hambatan berarti.(*)

KR-HK/F003

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011