Wilkes-Barre, Pennsylvania (ANTARA News/Reuters) - Hujan lebat akibat Badai Tropis Lee menyebabkan banjir besar di Amerika Serikat bagian timur, Kamis, memaksa sekitar 130.000 orang di Pennsylvania, New York dan Maryland mengungsi.

Sekitar 65.000 orang mengungsi dari Wilkes-Barre, satu kota di Pennsylvania timur laut, dan 35.000 lainnya dievakuasi di daerah-daerah sekitar, semuanya terancam air Sungai Susquehanna naik, kata Stephen Urban, pejabat pemerintah Luzerne County.

Paling tidak tiga orang tewas di Pennsylvania akibat banjir. Hujan lebat terjadi akibat sistem cuaca yang sebelumnya melanda Gulf Coast AS dan menguji pertahanan-pertahanan banjir New Orleans.

Penduduk diperingatkan bahwa banjir akan mengancam negara-negara bagian mulai dari Virginia di Pantai Timur sampai Massachusetts. Jalan-jalan raya tutup dan layanan kereta api terhenti akibat banjir.

Ketinggian air Sungai Susquehanna mencapai 12 meter Kamis petang, sementara tanggul-tanggul yang dibangun di Wilkes-Barre untuk dapat menahan air sampai 13 meter, kata Urban.

Pihak berwenang memberlakukan jam malam pukul 20:00 waktu setempat di sepanjang sungai yang meluap dekat kota itu. Mobil-mobil patroli menjelajahi Wilkes-Barre dan setidaknya seorang petugas patroli menggunakan alat pengeras suara memperingatkan penduduk.

"Hampir setiap kota di sepanjang Sungai Susquehaanna pernah dilanda banjir," kata Gubernur Pennsylvania Tom Corbett.

Sekitar 20.000 orang penduduk Binghamton, New York, dekat perbatasan Pennsylvania diperintah mengungsi, kata Gubernur New York Andrew Cuomo. Juga penduduk di daerah-daerah Broome, Schenectady dan Schoharie di New York diungsikan,kata pihak berwenang.

Penduduk Havre de Grace, yang berjumlah sekitar 11.000 jiwa dan kota-kota lain Maryland juga diperintahkan mengungsi, kata pihak berwenang.

Keadaan darurat diberlakukan di ibu kota Pennsylvania, Harrisburg, yang dilanda hujan setinggi 30cm.

Di daerah Philadelphia,banjir, tanah longsor dan batu yang longsor menutup sejumlah jalur kereta api tersibuk termasuk Scguylkill Expressway dan Rute 1 AS , kata pihak berwenang.

Jalur kereta api juga ditutup karena banjir termasuk empat "commuter line" yang sibuk yang dikelola Southeast Pennsylvania Transit Authority.

Di antara jalan-jalan New Jersey adalah Rute 73 yang sibuk dan bagian-bagian dari Rute 29 di Trenton bersama dengan pinggiran Sungai Delaware.

Di New York, Amtrak menutup pelayanan kereta api barat ibu kota negara bagian itu, Albany, dan para pejabat memperkirakan banyak yang ditutup di New York Thruway.

Amtrak menutup pelayanan kereta api barat Albany.

Pakar cuaca Evan Myers mengatakan " Kombinasi hujan sebelumnya dengan hujan tropis dari Lee, pembangunan perkotaan dan penghadang air yang lemah akan menyebabkan banjir di bagian timur laut pekan ini."
(ANT/H-RN)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011