Jakarta (ANTARA) - Direktur Perfilman, Musik, dan Media Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra mengatakan penyelenggaraan Kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA) 2022 bertujuan membangun ekosistem lagu anak.

”KILA ini bertujuan untuk membangun ekosistem lagu anak di Tanah Air,” ujar Mahendra dalam taklimat media yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan sosialisasi lagu anak Indonesia yang lebih luas juga menjadi sasaran Kemendikbudristek. Kemendikbudristek mempublikasikan lagu-lagu karya peserta melalui berbagai platform musik digital, serta menggandeng lembaga pendidikan, organisasi dan komunitas masyarakat untuk membantu kegiatan ini

KILA 2022 digelar gratis dan terbuka untuk semua pelajar di Indonesia. Pendaftaran KILA 2022 dibuka bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional, mulai 9 Maret 2022 hingga 15 Mei 2022. Kemudian, rangkaian program KILA akan ditayangkan di berbagai platform digital, seperti Indonesiana TV dan kanal YouTube Budaya Saya

Selain kompetisi lagu anak, kata Mahendra, pelaksanaan KILA 2022 juga diselingi oleh berbagai acara pendukung lainnya yakni meliputi bincang KILA maupun lomba hiburan yang digelar di platform Instagram @kilaindonesia.id.

Baca juga: Kemendikbudristek kembali selenggarakan kontes lagu anak

Baca juga: Kemendikbudristek wacanakan lagu anak masuk dalam pembelajaran


“Nantikan juga para Duta KILA yang akan menyambangi beberapa daerah untuk melakukan kegiatan sosialisasi dan promosi kegiatan,” imbuh Mahendra.

Menurut Mahendra, pelaksanaan KILA sebelumnya berhasil menjaring sekitar 1.500 pendaftar dari seluruh Indonesia. Mahendra memastikan, program KILA tahun 2022 bakal dikemas lebih menarik dengan peluncurannya pada 9 Maret 2022 yang bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional.

”Partisipasi masyarakat diharapkan akan meningkat pada perhelatan KILA tahun ini dan terus bertambah pada tahun-tahun berikutnya,” ucap Mahendra.

KILA 2022 mencakup pertama, lomba cipta lagu anak untuk kelompok usia 5 sampai. 7 tahun dan 8 hingga. 13 tahun, lalu kedua, lomba menyanyikan lagu anak untuk umur 5 hingga. 7 tahun dan 8 sampai. 13 tahun, serta terakhir, lomba aransemen lagu tema KILA) gubahan Dian HP.

Selain membawakan lagu daerah, para peserta juga akan diminta untuk menyanyikan lagu-lagu baru ciptaan para peserta Kontes KILA tahun 2021. Informasi terkait pendaftaran dan persyaratan pendaftaran peserta KILA 2022 dapat dilihat pada tautan situs www.kilaindonesia.id dan akun Instagram @kilaindonesia.id.

Baca juga: Mendikbudristek: Lagu anak berpengaruh pada tumbuh kembang anak

Baca juga: Ciptakan ekosistem baru, Kemendikbud gelar lomba lagu anak


Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022