Bantul (ANTARA News) - Persiba Bantul menahan imbang 1-1 atas Timnas U-23, dalam pertandingan uji coba di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat.

Tuan rumah Persiba Bantul lebih dulu unggul 1-0 pada menit tujuh melalui Busari.

Pada menit ke-67 kedudukan berhasil disamakan menjadi 1-1 oleh Timnas U-23 melalui Egi Melgiansyah dari titik penalti.

Pertandingan yang disaksikan ribuan penonton yang memadati Stadion Sultan Agung itu, memberi semangat kepada kedua kesebelasan khsusnya Periba, dalam menekan kubu pertahanan lawan.

Gol Persiba yang diciptakan Busari pada menit ketujuh, merupakan hasil kecermatan dalam memanfaatkan umpan silang dari Slamet Nurcahyo.

Pada babak kedua, permainan tuan rumah cenderung keras, sehingga wasit harus mengeluarkan kartu kuning untuk beberapa pemain.

Gol Timnas U-23 berawal dari pelanggaran yang dilakukan pemain Persiba Nopendi terhadap Ramdani Lestaluhu (Timnas U-23) di kotak terlarang, sehingga wasit memberi hukuman tendangan penalti.

Egi Melgiansyah yang menjadi eksekutor berhasil mengecoh penjaga gawang Persiba Wayu Tri Nugroho pada menit ke-67, dan tercipta gol, sehingga merubah kedudukan menjadi 1-1.

Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan usai pertandingan mengakui anak asuhnya memang masih terlihat ragu-ragu dalam penyelesaian akhir. Itu terlihat di babak pertama maupun kedua, sehingga setiap serangan belum membuahkan gol.

Ia mengatakan para pemainnya juga banyak yang memaksakan diri melakukan umpan panjang saat berada dalam posisi sulit, padahal dirinya ingin anak asuhnya bermain dengan bola-bola pendek.

"Ini memang masa transisi setelah libur delapan hari, anak-anak masih sering ragu-ragu. Kami masih butuh proses yang panjang sebelum turun di ajang SEA Games nanti," katanya.

Mengenai permainan keras tuan rumah, menurut dia, hal itu tidak masalah, karena mungkin nanti Timnas-23 juga akan menghadapi lawan dengan permainan serupa di laga SEA Games..

Manager Persiba Bantul Idham Samawi mengaku puas dengan penampilan Slamet Nurcahyo dan kawan-kawan.

Menurut dia, Persiba bermain dengan penuh semangat dalam menghadapi Timnas U-23, namun demikian pihaknya mengaku anak asuh pelatih Muhamamad Basri belum siap untuk menghadapi kompetisi musim depan.

"Antusiasme anak-anak menghadapi Timnas sangat luar biasa, namun kalau untuk kompetisi musim depan memang belum siap, kami masih butuh tambahan setidaknya 12 pemain lagi, karena yang sudah `deal` saat ini baru 50 persen dari jumlah yang dibutuhkan," katanya.

(ANT-068/M008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011