Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo berharap kehadiran Masjid At-Thohir di Depok, Jawa Barat, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman, di samping sebagai tempat ibadah umat Islam.

"Menjadi pusat dakwah yang modern, yang mencerdaskan, yang mencerahkan, dan tempat yang teduh untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi, mempererat persaudaraan antarsesama umat manusia, dan berkontribusi untuk membangun peradaban Indonesia yang lebih baik," ujar Presiden Jokowi saat meresmikan Masjid At-Thohir di Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu.

Selain itu, Presiden berpesan agar Masjid At-Thohir bisa menjadi simpul dalam memperkuat toleransi dan memperkuat moderasi beragama sehingga dapat menjadi rujukan dan inspirasi bagi kemajuan bangsa, serta menunjukkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Baca juga: Presiden: Kemitraan strategis KY-MA kunci menjaga marwah para hakim

Presiden menambahkan keindahan dari arsitektur masjid tersebut mengingatkan arti penting keluarga dalam syiar Islam.

Masjid dengan desain harmonis tersebut, lanjut Presiden, mengingatkan pentingnya arti keluarga dalam membentuk karakter Islami.

"Pesan penting tersebut tergambar sangat jelas melalui tadi yang disampaikan Pak Boy (Garibaldi Boy Thohir), kubah besar bagian paling atas atau kepala bangunan yang dikelilingi tiga kubah berukuran sedang dan kecil, dan didesain sangat harmonis, sangat hangat, dan sangat indah," ujarnya.

Baca juga: Presiden minta KY buat langkah progresif untuk atasi kekurangan hakim

Masjid At-Thohir yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik modern dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare. Masjid bernuansa putih ini memiliki kapasitas 1.976 orang di area dalam masjid dan 1.395 di fasilitas pendukung plaza serba guna.

Dalam laporannya, Ketua Yayasan Mochamad Thohir, Garibaldi Thohir mengatakan bahwa pembangunan masjid ini merupakan wujud nyata bakti anak kepada orang tua.

Baca juga: Presiden: Pemerintah apresiasi transparansi Komisi Yudisial

Garibaldi berharap keberadaan Masjid At-Thohir dapat bermanfaat dalam memakmurkan masyarakat luas seperti pesan mendiang Mochamad Thohir.

"Kami sangat berharap agar Masjid At-Thohir ini akan memberi peran penting dan bermanfaat luas, dan bisa memakmurkan masyarakat luas seperti pesan almarhum kepada kami," ucap Garibaldi.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian tersebut  Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022