Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyusuri Tol Trans Jawa menjelang Operasi Ketupat Tahun 2022.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu malam, Kakorlantas meninjau langsung jalur mudik dengan mengendarai mobil sendiri menyusuri ruas Tol Jakarta menuju Tol Cikopo, Jawa Barat. Kemudian dilanjutkan hingga Pos Polisi (Pospol) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

“Survei ini merupakan kegiatan pendahuluan sebelum nanti dilaksanakan oleh masyarakat. Saya pribadi ingin memastikan bagaimana kondisi jalan yang dilalui,” kata Firman.

Baca juga: Kakorlantas cek kesiapan infrastruktur jalan di Jateng jelang mudik

Usai berkendara, Firman mengaku infrastruktur di ruas Tol Trans Jawa sudah cukup baik. Namun, dia mengingatkan masyarakat atau calon pemudik agar tetap mematuhi aturan lalu lintas.

“Memang masih ditemui beberapa kondisi yang kontur tanahnya tidak sama sehingga menyebabkan jalan bergelombang," ungkapnya.

Baca juga: Kakorlantas Polri tinjau sentra vaksinasi di Kalimantan Selatan
Baca juga: Kakorlantas minta polisi lalu lintas jaga nama baik institusi


Firmam berharap masyarakat bisa mematuhi rambu-rambu yang ada agar kendaraan tetap stabil.

Firman menegaskan akan mempersiapkan segala sesuatunya demi kelancaran mudik masyarakat pada tahun 2022.

“Nanti akan ada beberapa pos yang kita sediakan dan skenariokan seperti tahun sebelumnya yang meliputi pos pelayanan, pos kesehatan, dan lainnya,” kata Firman.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022