Merak (ANTARA News) - Ribuan truk yang akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung sudah mulai ramai memenuhi Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, namun demikian tidak sampai mengantre di luar atau jalan layang Cikuasa Atas.

"Sejak kemarin, truk-truk angkutan sembako dan sejenisnya sudah mulai ramai dan datang di Pelabuhan Merak," kata Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane, Sabtu.

Dia menjelaskan, truk yang banyak menyeberang dari Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung terjadi karena perusahaan sudah mulai aktif beroperasi.

"Kemarin saja, truk yang berhasil kami seberangkan sebanyak 2. 000 lebih, dan pada hari ini diprediksi bertambah banyak dari sebelumnya. Harapan kami semuanya lancar, tidak terjadi antrean atau penumpukan," katanya.

Apalagi kata dia, saat ini PT ASDP Merak mengoperasikan 28 kapal Roll on Roll off (roro), untuk mengatasi kedatangan truk angkutan barang dan sembako. "Sepanjang hari ini dan kemarin masih lancar dan teratasi," ujarnya.

Terpisah, salah seorang sopir truk, Munarto mengatakan, sembako yang dibawanya akan dikirim ke Bengkulu. "Saya barusan sampai di Pelabuhan Merak, dan diperkirakan satu jam lagi akan masuk ke kapl menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung," katanya.

Kondisi Pelabuhan Merak kata dia, masih normal tidak terjadi penumpukan atau kendaraan truk seperti dua minggu lalu, atau sebelum lebaran. "Alhamdulillah lancar. Mudah-mudahan suasana dan situasi seperti ini tetap terjaga, walaupun kedatangan truk nanti semakin bertambah banyak dan ramai," katanya.

Pantauan dilapangan, ratusan truk terlihat mengantre didalam Pelabuhan Merak, untuk masuk ke dalam kapal. ASDP menggunkan lima dermaga untuk mengangkut truk, bertujuan ke Bakauheni, Lampung. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011