Jakarta (ANTARA) - Abraham Damar Grahita mencetak 28 poin saat memimpin Prawira Bandung mengatasi Amartha Hangtuah Jakarta 69-65 dalam lanjutan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2022 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Hasil itu membawa Prawira kembali ke jalur kemenangan sekaligus kemenangan ketiga mereka dalam lanjutan IBL 2022 setelah sehari sebelumnya sempat dipaksa menyerah kepada RANS PIK Basketball.

Selain penggawa tim nasional Indonesia itu, dua pemain asing Taj Spencer dan Christhoper Sterling juga turut andil kemenangan Prawira kali ini. Spencer mengemas dwiganda 14 poin dan 16 rebound, sedangkan Sterling mencetak 19 poin, demikian catatan resmi liga.

Meski Prawira tertinggal dalam tingkat konversi tembakan terbuka dibandingkan Hangtuah, tim besutan David Singleton itu memperlihatkan keunggulan mereka dalam aspek rebound dengan mengamankan 49 buah dibandingkan lawannya yang hanya 28 kali.

Prawira tampil konsisten di paruh pertama sebelum Hangtuah merebut momentum di kuarter ketiga dan menyamakan kedudukan menjadi 47-47.

Baca juga: Hasil IBL 2022: RANS PIK catat kemenangan kelima beruntun

Hangtuah bahkan memiliki peluang membalikkan keadaan saat tim asuhan AF Rinaldo itu hanya tertinggal 65-66 di pengujung kuarter keempat. Namun unsportsmanlike foul yang dilakukan Laquavius Cotton, diikuti personal foul dari Stevan Neno pada 11 detik terakhir membuat momentum itu menguap.

Abraham Grahita dan Hans Abraham pun sukses mengeksekusi hadiah dua lemparan bebas untuk membawa Prawira menang 69-65.

Hangtuah bertahan di posisi ketiga klasemen sementara Divisi Putih dengan koleksi 19 poin dari 12 gim yang dimainkan, diikuti Prawira Bandung di urutan keempat dengan 17 poin dari 10 pertandingan.

Pada laga penutup hari ini, Satria Muda Pertamina Jakarta kembali ke jalur kemenangan setelah mengalahkan Bali United Basketball 57-54.

Sehari sebelumnya, Satria Muda, yang bertanding tanpa dua pemain asingnya, harus takluk kepada Dewa United Surabaya.

Baca juga: IBL tetap akan batasi kehadiran penonton hanya 25 persen

Berikut hasil lengkap pertandingan IBL sepanjang hari Kamis (10/3):

NSH Mountain Gold Timika 66 - Dewa United Surabaya 65

Tangerang Hawks 56 - Pelita Jaya Bakrie Jakarta 71

West Bandits Solo 73 - Evos Thunder Bogor 64

Amartha Hangtuah Jakarta 65 -  Prawira Bandung 69

Satria Muda Pertamina Jakarta 57 - Bali United Basketball 54

Baca juga: Hasil IBL 2022: Satria Muda takluk kepada Dewa United Surabaya

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022