Hari ini kami menyerahkan dokumen kerja sama skema bangun guna serah dengan pihak mitra di dua aset PTPN XI di Situbondo
Surabaya (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara XI berupaya menggenjot capaian pendapatan usaha di tahun ini melalui potensi di luar core business gula, yakni dengan optimalisasi dan pendayagunaan aset yang dikerjasamakan ke berbagai pihak.

Kepala Bagian Perencanaan dan Sustainibility PTPN XI, Titik W.P di Surabaya, Kamis mengatakan aset yang dimiliki PTPN XI tersebar di beberapa wilayah kerja, di antaranya Kabupaten Ngawi Pabrik Gula (PG) Soedhono, Magetan PG Poerwodadie serta Kabupaten Madiun PG Pagottan.

Titik mengatakan, saat ini juga telah melakukan kerja sama dengan pihak mitra di dua aset PTPN XI di Situbondo.

"Hari ini kami menyerahkan dokumen kerja sama skema bangun guna serah dengan pihak mitra di dua aset PTPN XI di Situbondo," kata Titik saat menyerahkan kelengkapan dokumen kerja sama yang telah ditandatangani kedua belah pihak di Pasuruan.

Sementara itu, Direktur PTPN XI, R Tulus Panduwidjaja mengatakan, aset PTPN XI sangat memungkinkan untuk dikerjasamakan ke berbagai pihak, sesuai dengan Permen BUMN pendayagunaan aset tetap, yang dilakukan kerja sama berupa bangun guna serah, bangun serah guna, kerja sama operasi, kerja sama usaha, hingga sewa.

Komisaris Utama PTPN XI, Osmar Tanjung menegaskan transformasi bisnis yang tengah dilakukan PTPN group memungkinkan untuk dilakukan kerja sama dengan pihak lain dalam rangka optimalisasi aset perusahaan.

"Dewan komisaris mendukung langkah manajemen melakukan optimalisasi aset, sebab transformasi bisnis dalam PTPN Group memungkinkan anak perusahaan melakukan kerja sama dengan pihak lain, sepanjang sesuai dengan Good Coorporare Governance (GCG) dan ketentuan yang ada, termasuk harus memperhatikan asas transparansi, kemandirian, akuntabilitas dan pertanggungjawaban. Hal yang harus dicatat bahwa optimalisasi aset ini, tidak mengganggu kegiatan usaha utama korporasi," katanya.

Osmar berharap, ke depan PTPN bisa ikut andil dalam mengembangkan ekonomi global dan tetap berdikari dalam mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: PTPN XI targetkan 5,2 juta ton tebu giling pada 2022

Baca juga: PTPN XI jalin sinergi dengan Perhutani penuhi benih tebu

Baca juga: PTPN XI gandeng BRI kembangkan aplikasi TebuChain

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022