Jakarta (ANTARA) - Wakaf adalah salah satu instrumen penting dalam ajaran Islam yang tujuannya untuk memberdayakan potensi ekonomi kaum Muslimin. Wakaf bersifat sunah muakadah atau sunah yang sangat dianjurkan. Keutamaan Wakaf adalah mendapatkan amal jariyah.
 
Secara etimologi, kata Wakaf berasal dari bahasa Arab yakni Waqafa. Wakafa artinya menahan atau berhenti atau diam di tempat atau tetap berdiri” Kata Wakafa-Yaqufu-Waqfan sama artinya dengan Habas-Yahbisu-Tahbisan.
 
Menurut Abu Hanifah, Wakaf adalah tidak melakukan suatu tindakan atas suatu benda, yang berstatus tetap sebagai hak milik, dengan cara menyedekahkan manfaatnya untuk suatu pihak kebajikan (sosial), baik sekarang atau akan datang.
 
Keutamaan Wakaf
 
Wakaf termasuk amal ibadah yang istimewa untuk kaum muslim. Salah satunya, pahala amalan ini tidak hanya dipetik saat pewakaf masih hidup, namun pahalanya juga tetap mengalir terus meski pewakaf telah meninggal dunia.
 
Berikut beberapa keutamaan wakaf yang membuat sedekah pun jadi lebih produktif, dihimpun dari JadiBerkah.ID :
 
Harta wakaf bukan lagi hak milik wakif
 
Wakaf adalah perbuatan wakif (pihak berwakaf) untuk memisahkan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya agar dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu untuk keperluan ibadah maupun kesejahteraan umum berdasarkan syariah.
 
Pahalanya terus mengalir
 
Siapapun yang melakukannya, atas dasar keridhaan Allah, maka akan mendapatkan ganjaran yang sangat besar. Sebab, pahala wakaf akan terus mengalir, meskipun sang wakif sudah meninggal dunia, selama pemanfaatan harta wakaf masih berlangsung.
 
Membangun peradaban muslim yang kuat
 
Penerima manfaat harta wakaf tidak terbatas golongan tertentu. Kemudian, bentuk fisiknya tetap utuh terpelihara, terjamin kelangsungannya, dan tidak boleh hilang maupun berpindah tangan.
 
Dengan sifatnya tersebut, wakaf sangat berguna demi memajukan dakwah Islam, mengembangkan potensi dan mensejahterakan umat, memberantas kebodohan, memutus kemiskinan dan memupus kesenjangan sosial. Produktivitas dari pengembangan harta wakaf tersebut akan semakin memperkuat persatuan umat dan peradaban Islam.
 
Platform Pendukung Wakaf
 
Untuk Anda yang ingin menyalurkan wakaf, kini terdapat lembaga terpercaya yang akan mempermudah proses penyaluran tersebut. Salah satunya, adalah JadiBerkah.ID. Kanal ini merupakan platform digital untuk mendukung kebutuhan masyarakat dalam menyalurkan ziswaf (zakat, infaq dan wakaf) secara cepat, kapan saja, dan di mana saja.
 
Salah satu program yang diunggulkan adalah layanan wakaf. JadiBerkah.ID menyediakan akta wakaf dan sertifikat wakaf uang.
 
Kemudian, Jadiberkah.id juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga wakaf terdaftar di Indonesia, yang masing-masing memiliki program unggulan. Masyarakat bisa menyalurkan wakafnya sesuai program yang dikehendaki dengan aman dan nyaman.
 
JadiBerkah.ID menjalin kerjasama dengan lembaga pengelola Zakat Infak Sedekah yang terdaftar resmi di BAZNAS dan lembaga pengelola wakaf yang terdaftar resmi di BWI (Badan Wakaf Indonesia).
 
Akses Mudah di Mana Saja dan Kapan Saja
 
Dari pilihan lembaga terpercaya ini, masyarakat bisa menyalurkan wakafnya sesuai pilihan dengan aman dan nyaman.
 
Masyarakat bisa membuka JadiBerkah.ID kapan saja dan di mana saja melalui perangkat seluler maupun PC dan Laptop.
 
Donatur bisa membuka laman JadiBerkah.ID kemudian memilih program wakaf dari lembaga yang dipilih. Program-program yang ditampilkan merupakan unggulan sehingga nilai manfaatnya akan sangat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan.
 
Setelah memilih program, silahkan lakukan registrasi dengan mengisi data diri. Setelah mengisi data diri, lanjutkan dengan memilih nominal wakaf.
 
Selanjutnya mengikuti instruksi pembayaran, maka prosesnya telah selesai. Wakaf Anda kini siap disalurkan untuk kemaslahatan umat.
 
Berdonasi di JadiBerkah.id cukup mudah, berikut ini cara lengkapnya:
 
 ● Buka website https://www.jadiberkah.id
 ● Pilih program donasi yang diinginkan dan klik tombol Tunaikan
 ● Isi data diri dan pilih nominal donasi
 ● Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi
 
Mendaftar di JadiBerkah.ID juga cukup mudah, berikut ini caranya:
 
 ● Klik tombol Daftar yang berada di pojok kanan atas
 ● Isi data diri lalu verifikasi OTP dan selesai
 
Aman dan Terpercaya
 
JadiBerkah.ID diharapkan mampu menjadi kanal donasi digital khususnya untuk menghimpun wakaf di masyarakat Indonesia. Saat ini, program wakaf semakin digaungkan dengan karakteristiknya, di mana harta yang diwakafkan nilainya tidak berubah namun justru menghasilkan nilai manfaat untuk kebaikan dan kemaslahatan umat.
 
JadiBerkah.ID telah bekerja sama dengan puluhan lembaga terpercaya. Saat ini, JadiBerkah.ID telah menghimpun dana lebih dari Rp2.500.000.000. Kemudian, melakukan kerjasama dengan 55 lembaga, serta total program mencapai 108 program.
 
Berdasarkan data hingga 8 Maret 2022, saat ini donatur yang sudah menyalurkan dana zakat infak dan wakaf di JadiBerkah.ID mencapai 2750 donatur.
 
Selain itu, JadiBerkah.ID juga dikelola oleh Bank Syariah Indonesia yang merupakan bank syariah terbesar di Indonesia dan dinaungi oleh Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat yang merupakan lembaga terpercaya untuk mengelola dana ZISWAF.
 
Pastikan Anda memilih kanal JadiBerkah.ID sebagai platform digital untuk memudahkan penyaluran demi raihan Keutamaan Wakaf. Kunjungi situs resmi Jadiberkah.ID untuk informasi lebih lanjut.
 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022