Beijing (ANTARA) - Badan Kehutanan dan Padang Rumput Nasional China pada Jumat (11/3) menerbitkan sebuah buletin yang memaparkan kemajuan negara itu pada 2021 dalam mengupayakan penghijauan.

Buletin tersebut dirilis untuk menandai Hari Menanam Pohon ke-44 di China, yang diperingati pada 12 Maret.

Berikut beberapa data yang menunjukkan kemajuan upaya penghijauan lahan China pada 2021:

-- Hutan: China menanam 3,6 juta hektare hutan dan mengubah 380.800 hektare lahan pertanian menjadi hutan. Negara tersebut juga  menerapkan langkah-langkah yang berdasarkan sasaran guna meningkatkan kualitas hutan, memulihkan 933.300 hektare lahan hutan yang rusak.

-- Padang rumput: Padang rumput seluas 3,07 juta hektare telah ditingkatkan kondisinya melalui penanaman rumput, dan 23.900 hektare lahan pertanian diubah menjadi padang rumput. Secara ekologis, China juga telah memulihkan 1,56 juta hektare padang rumput.

-- Lahan basah: Lahan basah seluas 72.700 hektare telah ditambahkan atau dipulihkan.

-- Penanggulangan penggurunan (desertifikasi): Tercatat 1,44 juta hektare lahan diselamatkan dari desertifikasi atau desertifikasi berbatu.

-- Lebih sedikit kebakaran hutan: Jumlah kebakaran hutan dan total area hutan serta padang rumput yang terdampak tercatat menurun berkat upaya perlindungan dan pengelolaan sumber daya hutan dan padang rumput yang ditingkatkan secara komprehensif.

-- Popularitas ekowisata: Masyarakat China melakukan lebih dari 2,09 miliar perjalanan ekowisata tahun lalu. Jumlah itu tercatat naik lebih dari 12 persen dibandingkan pada 2020.  
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022