Jakarta (ANTARA) - Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpaspampres) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko mengatakan Kejuaraan Tembak Piala Komandan Paspampres 2022 berjalan sesuai rencana.

"Kegiatan semuanya berjalan sesuai rencana," kata Wadanpaspampres Marsma TNI Wahyu Hidayat Sujatmiko saat ditemui di Lapangan Tembak Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Senayan, Jakarta, Sabtu.

Menurut Marsma TNI Wahyu Hidayat, aspek keamanan sejak awal telah ditekankan kepada seluruh panitia kegiatan untuk selalu diperhatikan. Sebab, hal itu paling utama dalam olahraga menembak.

"Artinya, itu yang saya tekankan dari awal soal keamanan," kata Wadanpaspampres.

Baca juga: PT Pindad perkenalkan pistol baru di Piala Danpaspampres

Terkait peserta, antusias para atlet terus bertambah sejak pendaftaran resmi dibuka. Bahkan, meskipun sempat diguyur hujan hal itu tidak terlalu menjadi kendala signifikan bagi para petembak.

"Cuaca seperti ini saja mereka tetap semangat. Bahkan, sampai ada yang terpeleset," ujar dia.

Kendati demikian, memasuki hari ketiga pertandingan, Wadanpaspampres menyampaikan sejumlah evaluasi terkait Kejuaran Tembak Piala Danpaspamres 2022.

Pertama, jenderal bintang satu tersebut memerintah panitia untuk secepatnya menambah pasir di lokasi venue yang becek akibat guyuran hujan. Tujuannya agar pertandingan di hari terakhir tidak ada insiden peserta yang terjatuh akibat lapangan yang digenangi air.

Baca juga: Titiek Soeharto dan Bambang Trihatmojo ikut lomba Piala Danpaspampres

Ia mengkhawatirkan kondisi lapangan yang becek apabila tetap dipaksakan untuk bertanding bisa membahayakan peserta maupun orang sekitar.

"Kita khawatir dia terpeleset dan senjatanya meletus. Ini menjadi riskan juga," ujarnya.

Kejuaraan Tembak Piala Danpaspampres 2022 dilaksanakan dalam rangkaian Hari Bhakti Ke-76 Paspampres.

Untuk jenis perlombaan dibagi menjadi tujuh kelas yakni tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, kelas tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air riffle dan air pistol, tembak Paspampres style, dan tembak ekshibisi yang akan diikuti beberapa publik figur atau artis di Tanah Air.

Baca juga: Yasonna: Olahraga menembak melatih diri untuk fokus dan tenang

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022