Lumayan bagus. Bebannya sudah ringan.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpaspampres) Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko menjajal pistol baru produksi PT Pindad (Persero) pada ajang Piala Danpaspampres 2022, di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Sabtu.

Marsma TNI Wahyu mencoba Pistol Armo-V3 IPSC bersama Asisten Operasi (Asops) Paspampres Kolonel Infanteri Rudi Setiawan yang saat ini juga bertugas sebagai Ketua Panitia Piala Danpaspampres 2022, di arena tembak eksekutif.

“Ya tadi saya ikut mencoba. Lumayan bagus. Bebannya sudah ringan,” kata Wadanpaspampres saat ditemui di lokasi lomba, Sabtu.

Ia mengatakan pistol baru Pindad itu memiliki desain cukup bagus dan pegangannya (hand grip) cukup nyaman.

“Mudah-mudahan (senjata) produksi Pindad terus bagus, bisa kami pakai sehingga tidak perlu lagi impor dari luar negeri,” kata Marsma Wahyu.

PT Pindad memperkenalkan senjata barunya Pistol Armo-V3 IPSC pada ajang Piala Danpaspampres 2022.

Pistol baru itu, yang diproduksi tahun ini, digunakan dalam kategori khusus Pindad pada kelas tembak eksekutif dan tembak presisi 25 meter.

Pistol Armo-V3 IPSC, yang dapat digunakan untuk olahraga menembak, dibuat dari bahan polimer sehingga bobotnya cukup ringan daripada jenis pistol Pindad lainnya.

Berat Pistol Armo-V3 IPSC 0,89 kilogram, sementara varian pistol Pindad lainnya Pistol Armo-V3 1,03 kilogram.

Spesifikasi lain Pistol Armo-V3 IPSC, yaitu kaliber 9x19 milimeter, panjang senjata 212 mm, panjang laras 112 mm, tinggi senjata 144 mm.

Sistem picu Pistol Armo-V3 double action dan mode tembaknya semi otomatis.

Pistol Armo-V3 IPSC dilengkapi dua mekanisme pengaman, yaitu otomatis pada pena pemukul dan manual pada rumah mekanik.

Sementara itu, alat bidik Pistol Armo-V3 IPSC terdiri atas pisir yang dapat diatur, dan pejera fosfor yang posisinya tetap.

Kapasitas magasin Pistol Armo-V3 16 butir, dan jarak tembak efektifnya 25 meter.

Pegangan Pistol Armo-V3 IPSC terbuat dari bahan plastik dengan kontur luar yang kasar.

Aksesori standar Pistol Armo-V3 IPSC, yaitu magasin (x2), kotak penyimpanan senjata, buku petunjuk, dan pembersih laras. Sementara itu, aksesori tambahannya berupa reflex sight dan laser sight.
Baca juga: PT Pindad perkenalkan pistol baru di Piala Danpaspampres
Baca juga: Prabowo berikan pistol buatan Pindad kepada Florence Parly

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022