Kemarin saya melihat-lihat, sepertinya seru juga, karena itu ikut daftar.
Jakarta (ANTARA) - Beberapa atlet dari kalangan sipil ikut mencoba berlaga di kelas menembak “Paspampres Style” di Piala Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2022, di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Sabtu.

“Paspampres Style” merupakan satu dari 19 kategori lomba menembak yang dilombakan di Piala Danpaspampres 2022 yang digelar sejak 10-13 Maret 2022.

Rosmawati, salah satu atlet menembak perempuan yang ditemui usai bertanding, menyampaikan ia sengaja mendaftar kelas tembak “Paspampres Style” demi mencoba gaya menembak Pasukan Pengamanan Presiden.

“Ini pengalaman baru buat saya, biasanya saya ikut kelas tembak target (presisi, Red) dan tembak reaksi. Kemarin saya melihat-lihat, sepertinya seru juga, karena itu ikut daftar,” kata Rosmawati.

Kelas menembak "Paspampres Style" berbeda dari kategori lain yang dilombakan pada Piala Danpaspampres 2022.

Kategori itu, yang terbuka untuk TNI/Polri dan masyarakat sipil, mewajibkan peserta memakai jas dan membawa selimut antipeluru saat berpindah tempat dan menembak sasaran.

Pada arena pertandingan "Paspampres Style", peserta memegang selimut antipeluru di bagian depan hingga menutupi sebagian area wajah dan tubuhnya, kemudian mereka diminta berpindah tempat sampai empat kali sambil menembak sasaran.

Wasit, yang mengikuti pergerakan peserta di belakang, kemudian menghitung waktu dan memeriksa hasil tembakan peserta yang seluruhnya dikonversi dalam bentuk poin.

Menurut Rosmawati, kelas menembak "Paspampres Style" menantang dan cukup sulit, karena ia harus menjaga keseimbangan dan konsentrasi saat menembak.

“Saya terbiasa menembak satu tangan, tapi di Paspampres Style ini sulit. Salut sama anggota Paspampres yang harus menjaga Presiden tiap harinya,” kata dia.

Piala Danpaspampres 2022 kembali digelar setelah sempat vakum selama 3 tahun di Lapangan Tembak Senayan.

Di samping "Paspampres Style", kategori lain yang dilombakan yaitu tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air rifle dan air pistol, dan tembak ekshibisi.

Tembak ekshibisi nantinya diikuti oleh sejumlah artis dan tamu undangan.

Ketua Panitia Piala Danpaspampres 2022 Kolonel Infanteri Rudi Setiawan menyampaikan jumlah peserta lomba menembak di seluruh kategori mencapai kurang lebih 500 orang.

Namun, jumlah itu kemungkinan akan terus bertambah, karena pendaftaran terus dibuka sampai hari terakhir lomba, Minggu (13/3).

Para pemenang Piala Danpaspampres 2022 yang diumumkan, Minggu, akan menerima hadiah berupa medali, trofi, dan uang pembinaan yang totalnya hampir mencapai Rp200 juta.

Juara pertama, peringkat kedua, dan urutan ketiga pada masing-masing kategori juga berhak mengikuti undian hadiah tambahan (doorprize) berupa sepeda motor.

Peserta yang mendapatkan gelar juara berhak ikut undian motor trail KLX, sementara mereka yang berhasil menyabet posisi kedua berhak ikut undian doorprize motor listrik, dan mereka yang berada di urutan ketiga berhak mengikuti undian doorprize motor matik.
Baca juga: Wadanpaspampres menjajal pistol baru Pindad di Piala Danpaspampres
Baca juga: PT Pindad perkenalkan pistol baru di Piala Danpaspampres

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022