Jakarta (ANTARA) - Indonesia terkenal akan keanekaragaman hayatinya. Hal ini terbukti dengan ragam jenis flora dan fauna yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Memiliki luas hutan tropis hingga 143 juta hektar, Indonesia menjadi rumah bagi berbagai tanaman yang berkarakteristik unik dan hanya tumbuh di wilayah tertentu atau lebih dikenal sebagai tanaman endemik.

Populasi dari beberapa tanaman endemik semakin berkurang yang diakibatkan oleh berbagai faktor, di antaranya kebakaran hutan, pengambilan liar yang tidak terkontrol, alih fungsi lahan, dan sebagainya.

Dengan berkurangnya populasi, maka tanaman-tanaman ini pun terancam punah sehingga menjadi prioritas pemerintah untuk melindungi, mengawasi, dan menjaga keberadaannya. Terlebih lagi dengan karakteristik yang hanya tumbuh di habitat aslinya, maka menjaga habitat agar tetap lestari pun perlu diperhatikan.

Baca juga: Dua jenis tanaman langka diperkenalkan LIPI

Berikut daftar 4 tanaman endemik di Indonesia yang keberadaannya terancam punah dan perlu dilakukan upaya penyelamatan, dikutip dari siaran resmi Pupuk Kaltim, Minggu.

Acung Jangkung
 

Amorphophallus decus-silvae Backer & Alderw. atau lebih dikenal dengan acung jangkung merupakan tanaman endemik jenis bunga bangkai yang hanya dapat ditemukan di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat. Tinggi dari acung jangkung dapat mencapai 2 - 3,5 meter dengan warna tangkai daun keabu-abuan dengan totol acak berwarna coklat tua.

Sebagaimana bunga bangkai pada umumnya, pada waktu mekar, acung jangkung mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Akan tetapi, umbi dari tanaman ini ternyata berpotensi menjadi sumber karbohidrat.

Populasi acung jangkung kian menurun dan diperkirakan kurang dari 10.000 tanaman yang ada di alam berdasarkan catatan LIPI. Selain karena kurangnya pembudidayaan, maraknya peralihan fungsi kawasan juga menjadi penyebab terancamnya keberadaan acung jangkung di habitatnya.

Baca juga: Tim ekspedisi Meratus temukan 32 tanaman langka
Seorang warga mengamati bunga bangkai jangkung (Amorphophallus Decussilvae) di kawasan lereng Gunung Ciremai, Palutungan, Kuningan, Jawa Barat, Rabu (27/4). Bunga bangkai jangkung (Amorphophallus Decussilvae) yang ditemukan oleh petugas Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) tercatat merupakan salah satu temuan baru jenis flora di kawasan Gunung Ciremai.ANTARA FOTO/Ivan Pramana Putra/foc/16. (ANTARA FOTO/Ivan Pramana Putra)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022