Kasus aktif dilaporkan terdiri atas 1.179 kasus isolasi mandiri, 143 kasus isolasi di rumah sakit atau perawatan
Garut (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Garut menyampaikan kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai menunjukkan penurunan selama sepekan terakhir sehingga saat ini tinggal 1.322 orang.

"Kasus aktif dilaporkan terdiri atas 1.179 kasus isolasi mandiri, 143 kasus isolasi di rumah sakit atau perawatan," kata Humas Satgas Penanganan COVID-19 Garut Yeni Yunita di Garut, Minggu.

Ia menuturkan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Garut pernah sampai pada angka dua ribuan orang pada Februari 2022, kemudian terjadi penurunan kasus aktif hingga laporan terakhir Sabtu (12/3) tinggal 1.322 orang.

Baca juga: Jamkrindo kembali lakukan pemberdayaan berkelanjutan di Garut

Ia menyampaikan penularan COVID-19 di Garut masih terjadi. Setiap hari masih ditemukan kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 dengan gejala ringan dan berat.

Namun temuan kasus harian itu, kata dia, telah menunjukkan penurunan setiap harinya, seperti laporan terakhir Sabtu (12/3) ditemukan 100 orang atau lebih sedikit dibandingkan beberapa hari sebelumnya berdasarkan hasil tes usap PCR dan antigen.

Baca juga: Kapal tanker yang kandas di Pantai Sancang belum bisa ditarik ke laut

"Hasil RT PCR yang diperoleh terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 58 kasus, sementara hasil tes antigen pada kasus kontak erat dan suspek bergejala positif sebanyak 42 kasus, dengan demikian hasil verifikasi dan validasi data kasus jumlah keseluruhan sebanyak 100 kasus," katanya.

Ia mengatakan selain kasus baru, ada juga pasien COVID-19 yang selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh dari COVID-19 sebanyak 215 orang.

Baca juga: Bupati Garut: Lonjakan kasus COVID-19 didominasi kasus tanpa gejala

Namun saat ini juga, kata dia, masih ada angka kematian pasien COVID-19 dengan status pasien belum divaksin dan juga sudah mendapatkan vaksinasi.

"Tercatat kasus konfirmasi positif COVID-19 meninggal dunia sebanyak empat orang," katanya.

Laporan Satgas Penanganan COVID-19 Garut mencatat secara keseluruhan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Garut sebanyak 29.999 kasus, terdiri atas 1.179 kasus isolasi mandiri, 143 kasus isolasi atau perawatan di rumah sakit, 27.445 kasus sembuh dan 1.232 kasus meninggal dunia.

Baca juga: Polairud: Kapal tanker kandas di Garut karena ada masalah pada kemudi

Baca juga: BKSDA: Usulan Cagar Alam Gunung Guntur jadi TWA masih dievaluasi

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022