New York (ANTARA News/AFP) - Harga minyak turun pada Jumat waktu setempat (Sabtu pagi WIB), karena tanda-tanda gesekan muncul dari pertemuan penting para menteri keuangan zona euro untuk mencari sebuah resolusi krisis utang Eropa.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Oktober, jatuh 1,44 dolar AS menjadi ditutup pada 87,96 dolar AS per barel.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober turun delapan sen menjadi menetap di 112,22 dolar AS di Intercontinental Exchange, menyerahkan keuntungan awal.

Pada pertemuan mereka di Polandia, para menteri keuangan zona euro memutuskan untuk menunda delapan miliar euro (11 miliar dolar AS) pinjaman talangan untuk Yunani sampai mereka memiliki bukti lebih kuat kesediaan Athena untuk memotong defisit.

Dalam tanda lain dari gesekan, Menteri Keuangan AS Timothy Geithner, yang juga menghadiri pertemuan tersebut, dan rekannya dari Jerman Wolfgang Schaeuble tidak setuju atas penanganan Eropa pada krisis utang.

Pertemuan mengurangi optimisme pasar setelah "rally" pada Kamis, yang sebagian besar dipicu oleh langkah terkoordinasi oleh bank-bank sentral global untuk memberikan likuiditas dolar ke sistem keuangan Eropa, kata Bart Melek, kepala strategi komoditas untuk TD Securities.

Brent juga terguncang oleh ketidakpastian atas kembalinya produksi dari Libya, yang menghasilkan minyak 1,6 juta barel per hari sebelum konflik sipil pecah setengah tahun lalu, kata analis.

"Lemahnya produksi dari Laut Utara dan laporan yang saling bertentangan tentang kembalinya minyak mentah Libya tampaknya menambah kesengsaraan Brent," kata Phil Flynn, seorang analis PFGBest Research.
(A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011