Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menghadirkan fitur transfer internasional dalam aplikasi mobile banking BRImo guna mendukung kelancaran arus transfer uang antarnegara, khususnya ke bank di luar negeri.

Adapun fitur transfer internasional terbaru ini dapat digunakan oleh nasabah, khususnya pengguna BRImo untuk mengirimkan dana dari tabungan rupiah yang langsung dikonversi menjadi mata uang asing (remitansi) sesuai yang diinginkan.

“Perseroan senantiasa mengedepankan customer experience dalam setiap layanan. BRI secara berkesinambungan berupaya untuk meningkatkan dan menambah fitur-fitur baru pada BRImo agar nasabah semakin mudah mengakses layanan yang optimal sesuai kebutuhannya,” ujar Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Seperti diketahui, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Ketenagakerjaan mencatat jumlah volume remitansi lintas negara pada 2021 mencapai 2,74 miliar dolar AS, sementara transaksi remitansi melalui BRI pada tahun lalu juga meningkat signifikan 42 persen.

Menurut Handayani, peningkatan ini didukung oleh kencangnya arus remitansi dari para pengusaha yang mengirimkan pembayaran kepada rekannya di luar negeri, serta banyaknya bisnis yang mempekerjakan karyawan secara jarak jauh.

Dengan adanya fitur transfer internasional di BRImo, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nasabah bertransaksi demi memperlancar arus transfer uang di Indonesia, sehingga pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

Saat ini, fitur tersebut hadir dalam jenis mata uang yang dapat dikirimkan diantaranya USD (Dolar AS), SGD (Dolar Singapura), THB (Baht), HKD (Dolar Hong Kong), AUD (Dolar Australia), EUR (Euro), GBP (Pound Sterling), dan ratusan negara lainnya di seluruh dunia.

Tahapan untuk melakukan transaksi kirim uang ke luar negeri, kata dia, yakni nasabah cukup masuk ke aplikasi BRImo dan memilih fitur transfer internasional, pilih negara tujuan, masukkan nominal transfer yang otomatis akan terkonversi dalam mata uang tujuan, masukkan detail informasi penerima dan pengirim, masukkan PIN, dan transaksi selesai.

BRI mencatat per Februari 2022, sudah terdapat 15,39 juta pengguna BRImo dengan posisi transaksi mencapai 225,1 juta transaksi dan sales volume mencapai lebih dari Rp338,99 triliun.

Ke depan untuk membantu nasabah memenuhi kebutuhan domestik maupun internasional, BRImo akan bekerja sama dengan Traveloka untuk menghadirkan fitur traveling, seperti pembelian berbagai tiket pesawat, bis, kereta, hotel, dan lainnya, yang menjanjikan memenuhi kebutuhan akomodasi nasabah tanpa mengganti aplikasi.

Handayani berharap fitur transfer internasional hingga fitur pembelian tiket dapat memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah, serta bisa menghidupkan kembali perekonomian Indonesia di bidang transportasi dan wisata.

Dengan tambahan berbagai promosi menarik seperti diskon atau cashback, BRImo diyakini semakin meningkatkan jangkauan yang lebih dalam bagi nasabah.

Baca juga: Nonton Ajang Bergengsi MotoGP Mandalika, Makin Hemat dan Mudah dengan BRImo
Baca juga: BRI siap terapkan BI-FAST di BRImo
Baca juga: BRI: Kolaborasi dengan fintech permudah pembayaran digital dan aman

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022