Jakarta (ANTARA) - Sutradara pemenang Oscar Jane Campion, pada Senin (14/3) waktu setempat, meminta maaf kepada petenis Serena dan Venus Williams atas komentar tidak bijaksana yang dia katakan dalam pidato penghargaan Hollywood.

Dikutip dari AFP, Senin, komentar yang dilontarkan perempuan asal Selandia Baru itu telah memicu kemarahan publik pada Minggu (13/3) saat dirinya menerima penghargaan dari Critics Choice Award (CCA) kategori sutradara terbaik untuk film "The Power of the Dog" (2021).

Baca juga: Kata sutradara Jane Campion saat cetak sejarah di nominasi Oscar

Ketika naik di atas panggung, pada awalnya Campion memuji bakat para perempuan yang hadir di acara bertabur bintang itu.

"Sungguh menakjubkan berada di sini malam ini di antara begitu banyak perempuan luar biasa," katanya saat memulai pidato.

Namun ketika menyinggung Serena dan Venus, Campion mengeluarkan komentar yang membandingkan pengalaman dua petenis itu dengan dirinya sebagai seorang perempuan yang bergelut di industri hiburan Hollywood.

Serena dan Venus merupakan anak dari Richard Williams, pelatih tenis legendaris yang melatih kedua putrinya. Kakak-beradik itu menghadiri acara penghargaan CCA untuk mendukung Will Smith yang membintangi film biografi "King Richard" (2021).

"Serena dan Venus kalian sangat luar biasa, namun kalian tidak bermain melawan para pemain seperti yang saya lakukan," katanya.

Baca juga: Jane Campion ketua juri Festival Cannes

Komentar tersebut memicu reaksi dan kritik. Para pengguna media sosial melabeli komentar Campion itu seksis dan rasis. Video potongan yang merekam raut wajah kecewa Venus saat mendengar komentar Campion menjadi viral di media sosial Twitter.

"Saya membuat komentar tanpa berpikir, menyamakan apa yang saya lakukan di dunia film dengan semua yang telah dicapai Serena Williams dan Venus Williams," kata Campion meminta maaf dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan bahwa dirinya tidak bermaksud merendahkan dua perempuan kulit hitam legendaris dan atlet kelas dunia tersebut.

Campion menyebutkan bahwa Williams bersaudara sebenarnya juga berhadapan dengan laki-laki baik di dalam maupun di luar lapangan tenis. Dua bersaudara itu telah membuka pintu harapan bagi perempuan lain di dunia ini untuk terjun dalam olahraga tenis.

"Saya suka Serena dan Venus. Prestasi mereka sangat besar dan menginspirasi. Serena dan Venus, saya minta maaf dan sepenuhnya mendukung Anda," lanjut Campion.

Selain mendapat penghargaan di CCA, pada Minggu (14/3) film "The Power of the Dog" juga diganjar penghargaan British Academy Film Awards (BAFTA) di Londong, Inggris.

Campion juga telah memenangkan penghargaan Golden Globe dan Directors Guild of America untuk film yang dibintangi Benedict Cumberbatch tersebut. Acara penghargaan dunia film mendatang adalah Oscar yang akan digelar di Hollywood pada 27 Maret.


Baca juga: "The Power of the Dog" tayang di Netflix 1 Desember

Baca juga: Serena ingin ajari putrinya bermain tenis

Baca juga: Serena Williams tunangan dengan pendiri Reddit

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022