persyaratan masuk ke Pulau Bali benar sudah dibebaskan karantina sesuai keputusan pemerintah, namun kami juga fokus terhadap fasilitas yang kami berikan dalam rangka mendukung pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) menyampaikan bahwa Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali kini melayani penerbangan internasional rute Melbourne, Australia secara reguler menggunakan maskapai Jetstar Airways.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry Sikado mengatakan bahwa pesawat Jetstar Airways dengan nomor penerbangan JQ 043 mendarat perdana pukul 13.39 WITA dengan mengangkut sebanyak 271 penumpang pada Senin (14/3).

"Penerbangan reguler rute Melbourne-Bali-Melbourne ini merupakan suatu harapan yang positif bagi industri aviasi dengan mendapatkan tambahan rute penerbangan menggunakan maskapai Jetstar Airways," kata Herry dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Herry mengungkapkan, penerbangan perdana Jetstar Airways menggunakan pesawat Boeing 787-8 Dreamliner dengan kapasitas konfigurasi 335 penumpang termasuk kelas bisnis.

Menurut dia, penerbangan Jetstar Airways akan beroperasi setiap Senin pukul 12.45 WITA untuk kedatangan dan berangkat kembali pada hari Selasa ke Melbourne pukul 22.30 WITA.

"Artinya akan terbang setiap seminggu sekali dan sekaligus menambah rute penerbangan internasional yang dilayani sebanyak 5 rute yaitu Melbourne, Singapura, Kuala Lumpur, Sydney dan Narita," ujarnya.

Dengan bertambahnya rute penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai, AP I terus berbenah untuk memberikan layanan terbaik, termasuk kelancaran proses pemeriksaan penumpang dengan protokol kesehatan ketat, dengan bersinergi bersama seluruh pemangku kepentingan terkait.

"Adapun persyaratan masuk ke Pulau Bali benar sudah dibebaskan karantina sesuai keputusan pemerintah, namun kami juga fokus terhadap fasilitas yang kami berikan dalam rangka mendukung pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19," katanya.

Ia menambahkan penerbangan internasional dalam data statistik lalu lintas angkutan udara, Bandara Ngurah Rai telah melayani penumpang rata-rata sekitar 200 penumpang setiap harinya khusus kedatangan, dan keberangkatan masih di bawah 200 penumpang per hari.

Baca juga: Malaysia Airlines terbang perdana ke Bandara Gustri Ngurah Rai Bali
Baca juga: Kemenhub rilis aturan perjalanan luar negeri untuk dukung pariwisata
Baca juga: Kemenparekraf harap penerbangan internasional bangkitkan ekonomi Bali

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022