Semua fasilitas di Bandara Ngurah Rai seperti runway, apron, area terminal, dan yang lainnya sudah siap untuk menyambut Lebaran
Badung (ANTARA) - Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Kementerian Perhubungan Maria Kristi Endah Murni meninjau fasilitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, sejak puncak arus mudik Minggu (7/4) hingga hari ini.

Maria Di Kabupaten Badung, Senin, menyampaikan bahwa hasil peninjauannya seluruh fasilitas di bandara tersebut aman dan siap untuk rangkaian momentum Lebaran 2024.

“Semua fasilitas di Bandara Ngurah Rai seperti runway, apron, area terminal, dan yang lainnya sudah siap untuk menyambut Lebaran,” kata dia.

Selain memastikan fasilitas penerbangan, Kementerian Perhubungan juga fokus pada pemanfaatan posko angkutan Lebaran yang tersedia di bandara.

Posko yang terletak di terminal domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai salah satu yang ditinjau, dimana menurut Maria selama 24 jam personel bersiaga untuk memberi pelayanan kepada penumpang transportasi udara.

Menurut dia, penting untuk pemerintah memastikan pelayanan di transportasi udara ini berjalan aman dan nyaman khususnya saat momentum Lebaran, apalagi dari data yang mereka kantongi, saat ini sejumlah bandara sudah pulih seperti sebelum pandemi COVID-19.

Seperti Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan tingkat pemulihan pada rute domestik mencapai 109 persen dibanding sebelum pandemi 2019 lalu.

“Tingkat pemulihannya domestik sudah melampaui 100 persen yaitu 109 persen, untuk penumpang internasional persis 100 persen. Kalau dibandingkan 2023 penumpang naik 1 persen domestik dan naik 37 persen internasional, sehingga jumlah penumpang di Bandara Ngurah Rai stabil,” ujarnya.

Dalam peninjauannya ke Bali, Dirjen Hubud Kementerian Perhubungan itu menyempatkan diri mengunjungi Pelabuhan Benoa, Denpasar, dimana dari lokasi tersebut masyarakat dapat melihat proses pendaratan pesawat dengan indah.

Tak hanya terhadap angkutan udara, Maria juga berharap fasilitas pada angkutan laut turut diperhatikan agar memberikan pelayanan yang selamat, aman, nyaman, dan menjadikan mudik tahun ini ceria penuh makna.

Baca juga: Menhub tak temukan maskapai jual tiket lampaui tarif batas atas
Baca juga: Bandara Bali kedatangan 19 ribu penumpang domestik saat puncak mudik
Baca juga: Bandara Ngurah Rai catat penumpang arus mudik lebih dari estimasi

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024