Jakarta (ANTARA) - Alibaba Cloud dinobatkan sebagai pemimpin platform kontainer cloud publik, menurut laporan The Forrester Wave Public Cloud Container Platforms Q1 2022 yang dievaluasi bersama delapan pemain lainnya yang paling signifikan di industri.

Alibaba Cloud juga memperoleh skor tertinggi dibanding vendor lainnya dalam kategori penawaran saat ini yang menilai berdasarkan pengalaman platform, pengembangan aplikasi cloud-native, runtime dan pendaftar container, operasi serta infrastruktur platform.

“Teknologi container telah menjadi bagian integral dari proses transformasi digital, dan kami senang dapat diakui sebagai leader di platform container cloud publik oleh Forrester. Seiring dengan tuntutan seputar digitalisasi tumbuh dan berkembang, penting bagi bisnis di seluruh industri untuk memiliki akses fleksibel ke teknologi cloud-native yang memungkinkan mereka memposisikan diri secara efisien di pasar," kata Jeff Zhang, Presiden Alibaba Cloud Intelligence, dikutip dari siaran pers pada Rabu.

"Kami berharap dapat mendukung klien kami dalam perjalanan digital dan inovasi mereka serta terus berkolaborasi dengan mitra ekosistem untuk mengembangkan aplikasi cloud-native yang baru," lanjutnya.

Laporan tersebut juga menyoroti bahwa Alibaba Cloud kini menawarkan layanan kontainer di enam benua dan berkontribusi secara berkelanjutan ke komunitas cloud-native open-source global melalui tujuh proyek sandbox Cloud Native Computing Foundation (CNCF).

Laporan tersebut juga mengakui bahwa lebih dari 90 persen dari semua aplikasi Alibaba Group berjalan pada layanan kontainer Alibaba Cloud, yang memungkinkan perusahaan menjadi unggul dalam mengembangkan layanan cloud-native untuk klien yang ingin mendigitalisasikan bisnis mereka.

Sehingga, menurut Forrester, Alibaba Cloud sangat cocok untuk perusahaan global yang menargetkan pasar di China dan Asia Pasifik atau perusahaan lokal yang membuka bisnis di luar negeri yang sedang mencari kemampuan cloud-native komprehensif untuk transformasi digital dengan pengalaman yang telah terbukti.

Forrester Wave menggunakan 29 kriteria kerangka evaluasi guna mengidentifikasi penyedia platform container cloud publik yang memiliki keunggulan rekam jejak dalam mempercepat pengembangan aplikasi cloud-native melalui layanan dan otomatisasi prebuilt.

Sebagai penyedia cloud Alibaba Group, Alibaba Cloud juga mendukung Festival Belanja Global 11.11 terbesar di dunia setiap tahunnya. Pada festival tahun 2021, penggunaan teknologi cloud-native yang sudah 100 persen mampu mengurangi sumber daya komputasi sebesar 50 persen di setiap 10.000 transaksi dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada April tahun lalu, Alibaba Cloud telah dinobatkan sebagai pemimpin Function-as-a-Service (FaaS) dalam The Forrester Wave: Function-As-A-Service Platforms di kuartal pertama 2021.


Baca juga: Laba bersih Alibaba tergerus 75 persen, lebih buruk dari perkiraan

Baca juga: Alibaba hadirkan "influencer virtual" di Olimpiade musim dingin 2022

Baca juga: Saham Hong Kong berakhir lebih tinggi terangkat "rebound" Alibaba

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022