Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, yakni Alibaba Cloud,  mendukung Gangwon 2024 Winter Youth Olympic Games di Korea Selatan dengan teknologi cloud terbaru mereka untuk mendukung kegiatan operasional selama Olimpiade berlangsung.
 
“Kemitraan kami yang berkelanjutan dengan Alibaba Cloud membuat kami dapat terus mengeksplorasi cara kreatif untuk meningkatkan interaksi penonton dan penggemar olahraga di seluruh dunia, sambil meningkatkan efisiensi operasional menggunakan teknologi cloud terbaru,” kata Managing Director of IOC Television and Marketing Services Anne-Sophie Voumard dikutip dari keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Gangwon 2024 Winter Youth Olympic Games kini sedang berlangsung di provinsi paling utara Korea Selatan pada 19 Januari-1 Februari, yang mengumpulkan lebih dari 1.900 atlet muda berusia 15-18 tahun dari 81 negara untuk berpartisipasi dalam 15 cabang olahraga, termasuk Ski Alpen dan Curling.

Baca juga: Minho SHINee dan Lee Dong Wook wajah Olimpiade Musim Dingin Gangwon
 
Sebagai Olimpiade Pemuda Musim Dingin pertama di Asia, Komite Penyelenggara Gangwon 2024 bersama Alibaba Cloud meluncurkan beberapa platform digital untuk mendukung kegiatan operasional, termasuk platform manajemen staf dan sistem penjualan tiket untuk mengoptimalkan efisiensi.
 
Untuk membuat koordinasi penyelenggara Gangwon 2024 lebih efektif, Alibaba Cloud membuat portal Manajemen Staf dan Relawan (SVM). Portal SVM ini memiliki sejumlah fitur, seperti pelatihan staf dan relawan, pemberitahuan pengumuman melalui web-app dan SMS, serta manajemen jadwal dan kehadiran.
 
Selain itu, Alibaba Cloud juga menyediakan sistem penjualan tiket dengan layanan komputasi untuk mendukung penyelenggaraan acara selama 14 hari.

Alibaba Cloud menghadirkan api digital berbasis cloud pertama yang "dinyalakan" bersama api Olimpiade pada upacara pembukaan beberapa hari lalu. Api digital yang ditampilkan tersebut terletak di Olympic Park Gangwon, Korea Selatan, dan akan menyala sepanjang Gangwon 2024 Winter Youth Olympic Games.
 
Dengan mengintegrasikan data cuaca aktual, latar belakang api digital ini dapat berubah sesuai dengan salah satu dari 32 kondisi cuaca yang telah ditentukan di Gangwon. Kemampuan itu dilakukan melalui sistem manajemen konten yang dikembangkan oleh Alibaba Cloud.

Baca juga: Alibaba Cloud kenalkan model penghasil gambar AI Tongyi Wanxiang

Baca juga: Alibaba Cloud dukung transformasi digital lewat produk AI terkini

Baca juga: Teknologi yang bakal mendominasi di 2024

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024