Medan (ANTARA News) - Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengatakan provinsi itu menargetkan produksi beras sebanyak 1,3 juta ton untuk mendukung ketahanan pangan nasional pada 2014.

Dalam acara pisah sambut Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk Paulus di Medan, Kamis malam, Gatot Pujo Nugroho mengatakan, target itu merupakan perintah Presiden Yudhoyono dalam rapat ketahanan pangan nasional baru-baru ini.

Dalam rapat itu diumumkan target produksi beras nasional yakni surplus 10 juta ton pada 2014.

Sebagai salah satu provinsi yang memiliki potensi pertanian cukup besar, Sumut ditargetkan mampu menghasilkan 1,3 juta ton beras.

Untuk merealisasikan target tersebut, dibutuhkan berbagai persyaratan produksi pertanian sebagaimana tercantum dalam "Sapta Usaha Tani".

Di antaranya, kata dia, ketersediaan bibit unggul, infrastruktur pengolahan, hingga pemasaran yang baik.

Dalam peningkatan produksi tersebut, dibutuhkan juga ketersediaan air yang cukup yang bisa didapatkan dengan adanya kelestarian hutan.

Karena itu, pihaknya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk yang menjadikan kelestarian hutan dan lingkungan sebagai salah satu programnya.

Program penghijauan dan pelestarian hutan yang dicanangkan Kodam I Bukit Barisan, khususnya di kawasan Danau Toba diharapkan dapat menyiapkan air untuk pertanian.

"Program penghijauan yang dicanangkan Kodam I Bukit Barisan perlu didukung," katanya.  (I023/A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011