DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Papua Barat diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat yang disertai angin dan petir di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Jumat ini.

Dalam peringatan dini cuaca di situs BMKG dan dikutip dari Jakarta, Jumat, hujan lebat diprakirakan terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur.

Baca juga: BMKG pantau potensi tiga bibit siklon tropis berdampak pada cuaca

Potensi hujan lebat juga terdapat di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Sementara itu, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Papua Barat diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Baca juga: BMKG: Ajang MotoGP Mandalika diperkirakan hujan

Beberapa kota besar di Tanah Air yang menurut prakiraan BMKG dapat mengalami hujan lebat yang dapa disertai petir adalah Bengkulu, Bandung, Banjarmasin, Mataram dan Kupang pada siang hari. Sementara wilayah Samarinda berpotensi mengalami hujan petir pada malam hari.

Khusus wilayah DKI Jakarta, hujan ringan berpotensi terjadi pada siang hari ini di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Baca juga: BMKG prakirakan sejumlah daerah dilanda hujan lebat

BMKG memperingatkan beberapa wilayah masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir yaitu daerah di Aceh dan Kalimantan Timur.

Kategori waspada juga berlaku bagi wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.

Selain itu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: BMKG: Waspadai cuaca ekstrem di Jateng selatan pada 17-19 Maret

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022