Pertamina telah siap melayani kebutuhan masyarakat dan konsumen terutama selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga memastikan penyaluran dan stok avtur serta BBM aman dalam rangka memenuhi kebutuhan energi di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada perhelatan internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan berlangsung 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika.

"Melalui Integrated Terminal BBM dan LPG di Kota Mataram dan Depot Pengisian Pesawat Udara di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Pertamina telah siap melayani kebutuhan masyarakat dan konsumen terutama selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung," ujar Executive General Manager Patra Niaga Jatimbalinus Deny Djukardi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Deny juga menambahkan bahwa sarana dan fasilitas Pertamina di Nusa Tenggara Barat juga telah siap memenuhi kebutuhan energi terutama selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung.

"Saat perhelatan MotoGP pra musim kemarin, ada peningkatan konsumsi avtur atau bahan bakar pesawat di Lombok yaitu dari rata-rata 28 Kiloliter (KL) menjadi 56 KL per hari atau naik sekitar sekitar 100 persen. Kami memprediksi kenaikan konsumsi saat event Moto GP berlangsung yaitu dari rata-rata 30 KL per hari menjadi 111 KL atau naik lebih dari 300 persen," katanya.


Baca juga: Pertamina prediksi konsumsi avtur dan BBM naik saat MotoGP digelar

Kenaikan konsumsi juga diperkirakan akan terjadi pada BBM untuk kendaraan.

"Konsumsi BBM normal harian di Lombok sebesar 878 Kiloliter (KL), saat event moto GP berlangsung diperkirakan akan terjadi kenaikan 10-15% atau di atas 1.000 KL per hari," ujar Deny.

Sebagai Sub Holding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga senantiasa menyalurkan kebutuhan energi masyarakat berupa BBM, LPG, Avtur, Petrokimia dan produk lainnya.

Sebelumnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan 60.000 tiket untuk perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah habis.

Baca juga: Suplai BBM nasional aman meski ada ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina


Menurut Presiden Jokowi, dengan diselenggarakannya perhelatan ini menandakan bahwa Indonesia sudah sejajar dengan negara-negara lain yang berhasil menggelar perhelatan MotoGP.

Selain itu, Indonesia juga sudah memiliki sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit yang kualitasnya sudah diakui di dunia internasional.


Baca juga: Dirut Pertamina jamin ketersediaan BBM dan elpiji di Indonesia
Baca juga: Pertamina pastikan distribusi berikut stok gas dan BBM aman

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022