Jakarta (ANTARA) - Fasilitas isolasi masyarakat (community isolation facility/CIF) kelima di Hong Kong yang dibangun dengan dukungan dari China mulai dioperasikan pada Kamis (17/3) setelah diserahterimakan kepada pemerintah Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong.

John Lee, Kepala Sekretaris Administrasi Pemerintah SAR Hong Kong, pada Kamis mengunjungi CIF yang baru dibangun yang terletak di Hung Shui Kiu, Hong Kong, dan dapat menyediakan sekitar 2.350 tempat tidur untuk pasien COVID-19 tersebut.

Fasilitas yang mencakup area sekitar 32.000 meter persegi ini terdiri dari bilik modular, yang masing-masing kamar dilengkapi dengan di antaranya tempat tidur dan perabotan dasar, pendingin udara (AC), dan pendeteksi asap.

Dirancang dan dibangun oleh China State Construction International Holdings Ltd., pembangunan fasilitas tersebut selesai dalam waktu kurang dari sebulan.
 
Fasilitas isolasi masyarakat (community isolation facility/CIF) untuk pasien COVID-19, yang dibangun dengan dukungan dari China Daratan, mulai dioperasikan di Hung Shui Kiu, Hong Kong, China selatan, pada 17 Maret 2022. (Xinhua


CIF juga menyisihkan sebagian areanya untuk layanan perawatan lansia, yang akan mulai beroperasi pada April.

Dalam kunjungannya, Lee mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan pemerintah pusat dalam memerangi epidemi Hong Kong, seraya menyebutkan bahwa lima CIF menyediakan lebih dari 10.000 tempat tidur dan memainkan peran yang sangat penting dalam mengurangi kasus parah, kematian dalam kasus terkonfirmasi, dan infeksi.

Pada Kamis, Hong Kong melaporkan 8.628 kasus baru COVID-19 melalui tes asam nukleat, dan tambahan 13.022 kasus positif melalui tes antigen cepat yang dilaporkan secara mandiri, tunjuk data resmi. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022