China kalahkan Jordania untuk juarai basket Asia

Wuhan, China (ANTARA News) - Yi Jianlian memasukkan bola dari lemparan bebas saat pertandingan tersisa 28 detik yang memberi China kemenangan 70-69 atas Jordania untuk memenangi kejuaraan Asia dan mengamankan tempat pada Olimpiade 2012 di London.

Yi mencetak 25 poin dan melakukan 16 rebound untuk memimpin tim tuan rumah China merebut gelar juara Asia ke-15 mereka. Dia juga terpilih sebagai pemain terbaik pada pertandingan tersebut.

Kejuaraan tersebut merupakan yang pertama bagi China sejak pemain bintang Yao Ming pensiun pada Juli lalu dan mengisyaratkan bahwa negara berpenduduk terbanyak di dunia itu akan masih menjadi sebuah kekuatan besar di kawasan tersebut meskipun tanpa bintang NBA.

Tim bola basket China selalu mewakili Asia pada setiap Olimpiade sejak 1976.

Kekalahan mengakhiri langkah luar biasa Jordania pada kejuaraan tersebut setelah menyingkirkan juara bertahan Iran 88-84 dalam perempat final, dan kemudian memenangi semifinal melawan Filipina 75-61.

Rasheim Wright memimpin perolehan angka Jordania dengan 26 poin, termasuk enam poin terakhir beruntun bagi timnya dengan serangkaian "lay up" dan tembakan tiga angka yang membungkam penonton tuan rumah.

Peraih perak Jordania dan posisi ketiga Korea Selatan masih memiliki peluang ke London, jika mereka dapat merebut satu dari tiga tempat yang diperebutkan pada turnamen kualifikasi Olimpiade tahun depan, demikian AFP melaporkan.

(SYS/I015/S006)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Musim panen nanas dimulai di wilayah penghasil terbesar di China

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar