Jakarta (ANTARA) -
Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDPI) ikut membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi dengan menggelar vaksinasi booster COVID-19 dan kegiatan donor darah.
 
"Kondisi pandemi yang masih berlangsung tak menyurutkan Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDPI) dalam menggelar aksi kemanusiaan," kata Ketua Pembina GDDPI Yanti Airlangga dalam keterangannya di Jakarta Sabtu.
 
GDDPI menyelenggarakan donor darah dan vaksinasi booster untuk anak-anak di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan mulai Jumat hingga Minggu, 18-20 Maret 2022.
 
Yanti Airlangga menyatakan kegiatan itu melibatkan delapan organisasi, yakni Warisan Budaya Indonesia Foundation (WBI Foundation), Perempuan Jenggala, Pertiwi Indonesia, Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI), Perempuan Untuk Negeri (PUN), DWP Kemenko Perekonomian, Alumni SMA PSKD, dan Geronimo.

Baca juga: 153,6 juta penduduk sudah terima dosis lengkap vaksin COVID-19
Baca juga: Animo vaksinasi penguat meningkat di Banjarmasin
Baca juga: G20 harus dorong laju vaksinasi di Afrika ciptakan kekebalan global

 
“Bersatunya delapan organisasi perempuan sebagai GDDPI ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan untuk menyatukan energi bersama dalam sebuah perjalanan sosial untuk kebaikan negeri,” katanya.
 
GDPPI mengusung tema 'Mari Melangkah Bersama untuk Indonesia Yang Lebih Maju' pada kegiatan itu. Menteri Kesehatan Budi G Sadikin turut menghadiri pembukaan kegiatan GDDPI tersebut.

Yanti menjelaskan GDDPI menggelar kegiatan donor darah secara rutin sejak September 2020 untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI).

"GDDPI telah menjadi salah satu organisasi yang secara rutin mendukung upaya PMI dalam memenuhi kebutuhan pasokan darah," kata ketua umum Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) itu.

Ketua Pelaksana Donor Darah GDDPI Vicky W Kartiwa menyatakan kegiatan itu sebagai salah satu upaya membantu pemerintah yang tengah bekerja keras mengatasi pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, kegiatan GDDPI kali ini tidak hanya donor darah, tetapi juga vaksinasi. Vicky menyebutkan kegiatan GDDPI itu untuk memperluas akses vaksin bagi masyarakat.

"Kami bersama delapan organisasi lainnya berharap bisa berkontribusi untuk Indonesia,” kata Vicky.

Seluruh kegiatan yang diadakan oleh GDDPI itu menerapkan protokol kesehatan. Peserta donor darah dan vaksinasi juga harus menjalani tes antigen dan pemeriksaan suhu badan.

"Dengan membawa misi kemanusiaan, kami membantu pemerintah dalam memulihkan Indonesia secara perlahan," katanya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022