Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib melakukan latihan di pinggiran Kota Bandung, tepatnya di Lapangan Tembak Brigif 15 Kujang II di Gunung Bohong Kota Cimahi, Jabar, Senin.

Pelatih Persib Drago Mamic menjelaskan, tujuan menggelar latihan di luar Kota Bandung, selain mencari suasana baru juga untuk mendapatkan lapangan yang bagus sebagai persiapan sekaligus mematangkan para pemainnya.

Meski berlatih di kawasan pinggiran kota, namun kegiatan latihan Persib tetap diserbu para suporternya yang sengaja datang ke kawasan Bandung bagian barat itu.

Latihan diikuti oleh 25 pemain, minus Jajang Sukmara yang masih bergabung dengan Pelatnas U-23 yang saat ini juga melakukan latihan di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung.

Pelatih berlisensi pelatih A UEFA tersebut tengah menggenjot para pemainnya untuk memastikan para penggawa Persib siap untuk pertandingan pembuka LSI 2011-2012 melawan Semen Padang.

"Fokus kami saat ini menyiapkan pemain untuk bertanding pada laga awal. Meski jadwal pertandingannya belum pasti, kami harus selalu siap," kata Drago Mamic.

Ia mengakui, dengan belum jelasnya awal kompetisi, membuat dirinya kesulitan untuk membuat program latihan pematangan. Meski demikian program menggenjot fisik para pemainnya saat ini menjadi prioritas baik di fitnes center maupun di lapangan hijau.

Mantan pelatih Timnas Myanmar itu menyatakan sengaja tidak terburu-buru untuk melakukan uji tanding melawan tim lainnya. Bahkan Mamic juga menolak timnya untuk beruji tanding melawan Timnas PSSI U-23 karena alasan timnya belum siap.

"Membangun tim tidak bisa meloncati tahapan yang seharusnya ditempuh, harus tahap demi tahap. Saya pun harus memastikan pemain tidak ada yang cedera pada pertandingan pertama nanti," katanya.

Meski demikian, Mamic telah menyiapkan program uji tanding mulai minggu depan, setelah para pemainnya digenjot fisik maupun tekniknya dalam tiga minggu ini.

Pelatih Persib tetap enjoy meski tim Maung Bandung itu kehilangan beberapa pemain kunci termasuk gelandang dan kapten tim Eka Ramdhani yang hengkang ke Persisam Samarinda.

Perburuan pemain dilakukan secara bertahap dan tidak seagresif beberapa waktu lalu, di mana tim Bandung itu merekrut sejumlah pemain Timnas PSSI.

Drago Mamic tampak optimistis dengan dengan materi yang telah ada saat ini, meski ia tetap melakukan pemantauan untuk mendapatkan pemain tambahan berikutnya.

"Ada beberapa pemain yang masuk incaran kami. Namun kami harus memastikan kualitasnya bagus. Mungkin nanti akan ada nama baru," kata Manajer Persib, H Umuh Muhtar.

Terkait `home base" Persib, dipastikan kembali akan menggunakan Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung. Hal itu dibenarkan oleh Budi Bram, sekretaris Panpel Persib Bandung yang menyebutkan pihaknya sudah melakukan kontak dengan pengelola stadion dan juga aparat keamanan di wilayah itu.

"Kemungkinan besar menggunakan kembali Stadion Si Jalak Harupat," kata Budi menambahkan.

(U.S033/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011