Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Masyarakat Limnologi Indonesia (MLI) mengajak generasi muda untuk meningkatkan peran dalam  melestarikan dan mengelola sumber daya air demi pelestarian dan ketersediaan sumber daya air berkelanjutan.

"Generasi muda diharapkan berperan aktif melindungi perairan dan sumber daya air yang berkelanjutan," kata Ketua MLI sekaligus peneliti Pusat Riset Limnologi dan Sumber Daya Air BRIN Luki Subehi dalam Webinar World Water Day 2022 dengan tema "Membangun Kesadaran Generasi Muda tentang Ketersediaan dan Kelestarian Air" di Jakarta, Selasa.

Baca juga: BRIN dukung pelestarian sumber daya air berbasis kearifan lokal

Baca juga: UNESCO soroti ketimpangan akses terhadap air di saat pandemi COVID-19


Untuk itu, menurut Luki, penting untuk membangun literasi di kalangan generasi muda dan meningkatkan kerja sama strategis berbagai pihak yang memiliki kepentingan dan kewenangan dalam pengelolaan sumber daya air.

Dalam memperingati Hari Air Sedunia 2022 dan meningkatkan peran generasi muda, BRIN dan MLI mengadakan sejumlah kegiatan, antara lain lomba esai, minivlog, dan sarasehan bagi generasi muda di Tanah Air.

Kegiatan lomba esai yang diperuntukkan bagi peserta SMP/SMA atau sederajat telah mendapat respons positif dari kalangan muda, dengan terkumpulnya 60 esai yang terdiri atas 50 esai dari SMA dan 10 esai dari SMP, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini, sedang dilakukan penilaian oleh tim juri untuk menentukan esai terbaik dari para siswa-siswi tersebut.

Sementara Kepala Organisasi Riset Kebumian dan Maritim BRIN, Ocky Karna Radjasa mengatakan penting untuk membangun kesadaran generasi muda tentang ketersediaan dan keberlanjutan sumber daya air, sehingga meningkatkan kepedulian dan partisipasi mereka untuk merawat dan melindungi sumber daya air untuk masa depan.

Baca juga: Hari Air Sedunia: Pandemi COVID-19 makin tunjukkan air bersih krusial

"Kita perlu melakukan penyadaran, khususnya pada generasi muda tentang pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan," ujarnya.

Ia berharap akan muncul ide-ide dan upaya kreatif dan cerdas dari generasi muda untuk bisa meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat termasuk generasi muda dalam pengelolaan air bersih berkelanjutan.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022