Melalui sinergi ini diharapkan kepulihan dan kebangkitan sektor parekraf dapat terwujud.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalin kerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk mengoptimalkan peran maupun fungsi masjid dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Ruang lingkup kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman ini meliputi pertukaran data dan informasi, pengembangan pariwisata religi dan penyelenggaraan kegiatan lain.

“Melalui sinergi ini diharapkan kepulihan dan kebangkitan sektor parekraf dapat terwujud,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Gedung Pengurus Pusat DMI, Jakarta, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Sandiaga bahas potensi kerja sama parekraf dengan pemerintah Singapura

Menurut Sandiaga, wisata religi sangat diminati oleh wisatawan mengingat di Indonesia terdapat beberapa masjid yang memiliki nilai historis mengenai peradaban Islam di Nusantara, antara lain Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, dan Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah.

Dia mengaku telah melakukan studi banding dengan Grand Mosque di Abu Dhabi yang cenderung lebih banyak didatangi umat non-muslim.

“Jadi menurut saya ini potensi wisata yang bisa kita kelola secara betul-betul serius, sehingga akan memastikan kita mempercepat akselerasi proses recovery (pemulihan) kita, proses kebangkitan kita,” ujar Menparekraf.

Baca juga: Wamen Parekraf puji ketangguhan pelaku ekonomi kreatif

Dalam kesempatan tersebut, Kemenparekraf dan DMI juga akan meluncurkan program “Musabaqah Adzan Pesona Wisata Nusantara Tingkat Nasional 2022”.

Program ini ditujukan untuk melahirkan regenerasi muadzin terbaik disertai latar pesona Nusantara melalui produksi video atau film kreatif, sekaligus menjadikan muadzin terpilih sebagai Duta Masjid Indonesia.

“Festival Musabaqah Adzan ini akan kami kick-off segera. Mudah-mudahan ini juga menjadi kebangkitan dari perekonomian kita pascapandemi dan juga membuka peluang usaha, dan membuka lapangan kerja di seputar masjid,” ucap dia.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022