Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku terkejut menerima cendera mata berupa Album BTS “Map of the Soul: 7” dari Ketua DPR Korea Selatan Park Byeong-seug usai keduanya melakukan pertemuan bilateral di Bali, Selasa.

Pertemuan bilateral antara DPR RI dan Majelis Nasional Republik Korea (DPR Korsel) berlangsung di sela-sela Sidang Majelis Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali.

Dalam pertemuan itu, pimpinan parlemen dari dua negara membahas berbagai rencana kerja sama, berbagi informasi, pengalaman mengenai situasi ekonomi, dan politik di Korea Selatan dan Indonesia.

Puan menyampaikan Ketua DPR Korsel juga berbagi pengalaman memindahkan ibu kota administratif.

Baca juga: Ketua DPR ucapkan belasungkawa jatuhnya China Eastern Airlines

Usai berdialog, keduanya saling bertukar cendera mata. Park Byeong-seug memberikan Album Grup Band BTS, yang merupakan ikon budaya populer Korea Selatan, dan sejumlah produk teh khas Negeri Ginseng yang dibungkus menggunakan kain tradisional setempat berwarna merah dan aksen garis putih.

Puan saat menerima Album BTS tampak semringah. Ia menerima album keempat BTS yang di dalamnya ada beberapa lagu duet dengan musisi barat seperti Halsey dan Sia.

“Saya mendapatkan ini, BTS, CD (compact disc) BTS di dalamnya. Baru tahu kalau kaya begini. Nanti, saya dengerin (lagunya),” kata Puan sambil menunjukkan album itu ke hadapan media.

Baca juga: Puan di forum IPU-WHO sampaikan peran DPR penting saat situasi darurat

Ia tidak menyangka Delegasi Parlemen Korea Selatan akan memberi Album BTS karena biasanya cendera mata yang lazim diberikan antara lain buku, suvenir kantor, atau replika gedung parlemen masing-masing negara.

Surprise juga saya dapat CD BTS,” kata Puan.

Album BTS “Map of the Soul: 7” yang bungkus luarnya berwarna putih dengan tulisan “7” berwarna biru kuning di tengah tidak hanya berisi CD. Di dalamnya, ada poster foto tujuh personel Grup Musik BTS, kartu foto, dan buku album foto seluruh personel BTS.

Baca juga: Puan: Diplomasi parlemen dikedepankan agar ada dialog Rusia-Ukraina

Sementara itu, Ketua DPR RI memberikan suvenir berupa plakat di dalam kotak yang dibungkus kain batik.

Puan Maharani dan Park Byeong-seug selanjutnya berfoto bersama dan beramah-tamah.

Di samping menghadiri pertemuan bilateral dengan Parlemen Korsel, Puan Maharani kemudian menerima Delegasi Parlemen Bahrain untuk bertemu empat mata.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022