Paris (ANTARA News) - Arsenal dan Marseille melupakan penampilan buruk mereka pada liga musim ini dengan meraih kemenangan kandang dalam pertandingan babak grup Liga Champions, Rabu.

Arsenal mengalahkan tim asal Yunani Olympiakos 2-1, sementara Marseille, yang baru mengumpulkan satu kemenangan dalam liga musim ini, meraih kemenangan mengesankan 3-0 di kandang sendiri atas tim juara Jerman Borussia Dortmund.

Marseille memuncaki grup F dengan enam poin dari dua pertandingan mereka, sementara Arsenal di urutan kedua dengan empat poin.

Di tempat lain, juara bertahan Barcelona membukukan kemenangan tandang 5-0 atas BATE Borisov sementara AC Milan -- yang meraih hasil imbang 2-2 dengan Barca pada pertandingan pertama grup -- mengatasi debutan asal Ceko Viktoria Plzen 2-0 di San Siro.

Chelsea tampaknya akan meraih kemenangan kedua dari dua pertandingan ketika mereka memimpin 1-0 saat bertandang ke Valencia, ketika pemain tengah veteran Frank Lampard mencetak golnya yang ke-20 dalam kompetisi tersebut.

Akan tetapi, Valencia memaksakan hasil imbang empat menit menjelang pertandingan usai ketika Salomon Kalou, yang baru masuk menggantikan Lampard, dikenai penalti karena menyentuh bola dengan tangannya dan Roberto Soldado tidak melakukan kesalahan ketika menembak dari titik penalti.

Lampard yang mengatakan bahwa tidak ada yang lebih ia sukai dari tantangan, posisinya disorot setelah kehilangan tempat sebagai pemain inti pada beberapa pertandingan akhir-akhir ini.

"Ya, berat ketika kehilangan tempat, tetapi itu sudah pernah terjadi pada saya sebelumnya da saya selalu bangkit menghadapi tantangan seperti itu," kata pemain berusia 33 tahun tersebut.

Penampilan Lampard mendapat pujian dari manajer Chelsea Andre Villas-Boas, yang marah saat menanggapi pertanyaan mengenai apakah ia mempunyai masa depan di klub tersebut, Selasa.

"Itu penampilan yang bagus dari Lampard dan tidak ada lagi yang perlu diucapkan," kata pelatih asal Poltugal itu.

"Ia salah satu pemain terbaik dalam tim kami dan saya sangat gembira karena dia. Tim bekerja dengan baik secara kolektif dan secara individual dan saya sangat gembira."

Arsenal langsung unggul 2-0 saat mengawali pertandingan melawan Olympiakos, berkat gol dari pemain berusia 18 tahun Alex Oxlade-Chamberlain -- pemain termuda ketiga yang mencetak gol bagi Arsenal dalam sejarah Liga Champions -- dan Andre Santos.

Akan tetapi, pertahanan Gunners yang buruk memungkinkan Olympiakos bangkit enam menit kemudian ketika David Fuster membuat mereka harus membayar kesalahan tersebut.

Oxlade-Chamberlain, yang ayahnya, mantan pemain nasional Inggris Mark, berada di antara penonton, mengatakan ia menikmati bermain dalam sepak bola level atas tersebut hanya beberapa bulan setelah bermain pada League One.

"Ini sungguh pengalaman yang bagus," katanya.

"Ini langkah besar, tetapi saya ingin bermain pada level atas dan saya punya banyak waktu untuk bermain pada Liga Champions. Ini pertama kali saya main di Liga Champions dan saya gembira kami mencapai tiga poin."

Marseille berhutang atas kemenangan mereka kepada bintang asal Ghana Andre Ayew, yang mencetak dua gol, yang pertama tembakan rapi dari tepi area penalti dan yang kedua adalah tendangan penalti.

Loic Remy menyarangkan bola di antaranya keduanya bagi tim asuhan Didier Deschamps itu.

"Memperoleh enam poin setelah dua pertandingan adalah menyenangkan," kata pelatih Marseille Deschamps kepada Canal+. "Pada dua musim sebelumnya, kami mengumpulkan nol poin (setelah dua pertandingan). Tetapi untuk lolos dibutuhkan minimal 10.

"Kami melakukan start dengan baik, tetapi kami belum sampai."

Barcelona meraih ketiga poin sebelum jeda pertandingan saat mereka mengungguli tuan rumah tim Belarusia.

Tim tuan rumah mempermudah kekalahan mereka karena gol bunuh diri yang membuat kedudukan 1-0 dan penjaga gawang mereka Alyaksandr Gutor yang menjatuhkan bola ke kepala Lionel Messi untuk mencetak gol ketiga.

Maestro asal Argentina itu menambahkan gol lagi pada awal babak kedua untuk membuat total gol yang diciptakannya menjadi 14 gol dalam 10 pertandingan musim ini.

Milan mengalami kesulita pada babak pertama melawan tim asal Ceko tetapi gol dari Zlatan Ibrahimovic dan Antonio Cassano pada babak kedua memberi mereka ruang untuk bernapas. (F005/A011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011