Kendari (ANTARA) - Basarnas Kendari menyatakan penumpang kapal bernama Tuo (30) yang sebelumnya dilaporkan terjatuh saat berlayar dari Pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, menuju Pelabuhan Kolaka, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara ditemukan selamat.

"Pada pukul 14.30 Wita Tim SAR gabungan mendapat laporan dari Polres Kolaka bahwa korban telah ditemukan dalam keadaan selamat oleh warga sekitar kali merah Kabupaten Kolaka," kata Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, Selasa.

Aris menyampaikan korban yang merupakan warga Jalan Kakatua, Kelurahan Benua-benua, Kota Kendari kemudian diserahkan kepada pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan untuk penanganan lanjutan.

Sebelumnya, pada Senin 21 Maret 2022 pukul 15.00 Wita KMP Mishima berangkat dari Pelabuhan Bajoe, Bone menuju Pelabuhan Kolaka, diperjalanan sekitar 3 NM dari Pelabuhan Kolaka, kru kapal mendapat laporan dari salah seorang penumpang yang menyampaikan ada seorang penumpang yang terjatuh ke kaut.

Baca juga: Polisi selidiki jatuhnya mobil Avanza dari kapal di Danau Toba

Baca juga: SAR gabungan temukan ABK jatuh dari kapal di Minahasa Utara


Berdasarkan laporan tersebut, KMP Mishima kemudian melakukan pencarian di sekitar lokasi jatuhnya korban, namun hingga kejadian itu dilaporkan ke Basarnas korban belum ditemukan.

Pencarian korban di hari kedua dilakukan membagi empat tim di antaranya Tim 1 dengan menggunakan RIB melakukan penyisiran di sekitar lokasi jatuhnya korban dengan luas area pencarian 0,12 mil laut persegi. Tim 2 dengan menggunakan speedboat melakukan penyisiran sebelah utara lokasi jatuhnya korban dengan luas area pencarian 0,14 mil laut persegi.

Kemudian Tim 3 dengan menggunakan sekoci melakukan penyisiran sebelah timur lokasi jatuhnya korban dengan luas area pencarian 0,11 mil laut persegi, lalu Tim 4 dengan menggunakan sekoci melakukan penyisiran sebelah selatan lokasi jatuhnya korban dengan luas area pencarian 0,11 mil laut persegi.

"Operasi pencarian korban hari ini dilakukan bersama personel Polres Kolaka, Syahbandar Kolaka, Pos AL Kolaka dan kru KMP Mishima," ujar dia.

Dengan ditemukan korban, maka operasi SAR terhadap satu orang penumpang KMP Mishima yang terjatuh dari kapal di sekitar perairan Kolaka dinyatakan selesai dan ditutup, seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing.*

Baca juga: Operasi gabungan SAR Biak Numfor evakuasi jasad jatuh dari kapal

Baca juga: Wanita muda terjatuh ke laut dari atas kapal feri

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022